Sukses

Suzuki Baleno Laris Manis di India

Liputan6.com, Delhi - Maruti Suzuki, Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di India, mengumumkan bahwa salah satu model andalannya, Baleno, memecahkan rekor penjualan bulanan domestik hingga 100 ribu unit pada Oktober lalu.

Mobil kompak ini pertama kali diluncurkan pada Oktober tahun lalu. Itu artinya rekor ini dipecahkan hanya dalam waktu satu tahun setelah produk diluncurkan. Di India sendiri Baleno dikategorikan sebagai premium hatchback.

Mobil ini juga telah terjual lebih dari 33 ribu unit di beberapa negara seperti Jepang, dan negara lain di kawasan Eropa. Maruti Suzuki sendiri berencana mengekspor Baleno ke lebih dari 100 negara, termasuk Italia, dan Spanyol.

Melihat capaian ini, R S Kalsi, Executive Director Maruti Suzuki mengaku senang. Menurutnya Baleno adalah salah satu cerita manis dari industri otomotif.

"Baleno adalah salah satu kisah sukses besar dari industri otomotif India. Simbol sesunguhnya dari `Make In India`," ujarnya, dikutip dari responsejp.com.

Suzuki Baleno nampaknya juga akan hadir di Indonesia sebelum tahun 2016 berganti. Baru-baru ini, Suzuki telah mendaftarkan Baleno dengan kode SUZUKI TM2FX ke Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian.

Sebagai pengingat, Baleno bukanlah model yang asing bagi konsumen Indonesia. Mobil ini pernah sempat berjaya dengan bentuk sedan.