Sukses

Cara Mudah Hilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Goresan bekas aspal pada cat mobil bisa dihilangkan dengan menggunakan bensin.

Liputan6.com, Depok - Goresan pada cat mobil adalah hal yang tak bisa dihindari. Ada saja yang membuat body kendaraan tergores, meski sudah sangat hati-hati mengendarainya, dari mulai kendaraan lain, hingga kenakalan anak-anak.

Goresan pada bagian bawah kendaraan umumnya disebabkan karena aspal. Ini umum terjadi terutama saat kendaraan melintasi aspal yang baru, di mana materialnya masih agak basah sehingga belum menyatu dengan maksimal.

Lantas, bagaimana menghilangkan goresan karena sebab ini? Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel spesialis cat dan body mobil di Jalan Raya Bogor Km. 35 No. 37, memberikan solusi sederhana, yaitu dengan memanfaatkan bensin.

"Untuk menghilangkan bekas aspal di body mobil bagian bawah bisa pakai bensin. Kalau saya biasanya pakai Pertamax," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (13/7/2016).

Caranya sangat mudah. Setelah membersihkan bagian yang tergores, maka segera lumuri dengan bensin. Setelah itu, gunakan kain halus dan mulailah menggosok bagian tersebut. Setelah aspal hilang, maka biasanya cat akan sedikit kusam.

Untuk itu, Erwin mengatakan selanjutnya dapat mengkilapkan kembali bagian tersebut dengan kompon. Penggunaan yang benar adalah dengan menyikatnya dulu dengan amplas halus grit 2.000-2.500, baru kemudian oleskan kompon.

Bensin sebetulnya bukan hal yang baru dalam membersihkan kotoran. Pada sepeda motor, bensin, dibantu dengan kuas, biasanya digunakan untuk merontokkan kerak sisa pembakaran yang terdapat pada karburator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bensin adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).
    Bensin adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).

    Bensin

Video Terkini