Sukses

Lapisan Chrome Tahan Pukulan Martil 5 Kg, Benarkah?

Kekuatan chrome dipengaruhi oleh daya serap pada logam yang jadi medianya.

Liputan6.com, Jakarta - Lapisan chrome sanggup membuat material logam terlihat mengkilap. Soal kekuatannya, lapisan krom dikatakan tidak pecah sekalipun dihantam martil seberat 5 kilogram.

Yanto Her, pemilik bengkel chrome Cahaya Mutiara 2 menjelaskan bila kekuatan chrome dipengaruhi oleh daya serap pada logam yang jadi medianya. Bila senyawanya tidak menyatu maka lapisan chrome dapat pecah saat terhantam benda berat.

"Secara kimiawi, besi dengan chrome 90 % senyawanya menyatu. Kalau hasilnya untuk (melapisi, red) besi bisa kita buktikan. Dipukul palu 5 kilogram enggak pecah lapisannya," ujar pria yang berkantor di Jl. Raya Bekasi Timur No.163 Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur ini pada Liputan6.com.

Sebagai pembuktian, pria dengan sapaan Yanto ini memamerkan sebuah standar samping sepeda motor yang telah di krom. Di beberapa bagian tampak penyok namun tidak terlihat pecahan lapisan krom.

Yanto menyatakan penyok ini hasil dipukul oleh konsumen yang ingin membuktikan sendiri kekuatan lapisan chrome pada media besi. Namun begitu, ia mengatakan bila lapisan chrome yang terdapat pada media babet dan alumunium akan pecah bila dipukul oleh martil mengingat senyawa yang kurang menyatu.

"Kalau pada babet daya serap (chrome) 74-76%. Sementara itu alumunium lebih rendah, hanya 45-55 % daya lekatnya," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.