Sukses

Cara Mudah Hilangkan Goresan Pada Bodi Mobil

Goresan pada mobil tentu sangat dihindari oleh pemilik kendaraan di manapun.

Liputan6.com, Depok - Goresan pada mobil tentu sangat dihindari oleh pemiliknya. Tapi apa daya, selalu saja ada faktor yang membuuat hal itu tidak bisa dihindarkan. Nah, sebetulnya, goresan ini bisa dihilangkan sendiri jika punya alat-alatnya.

Menurut Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel cat mobil yang terletak di Jalan Raya Bogor Km. 35 No. 37, Tapos, Jawa Barat, alat yang dibutuhkan untuk menghilangkan baret hanyalah amplas, kompon, dan kain halus.

"Pertama-tama, bersihkan dan keringkan bagian yang baret. Lalu gosok permukaan yang baret itu dengan amplas halus grit2.000-2.500," ujar Erwin kepada Liputan6.com, Rabu (2/3/2016).

Kemudian, Erwin menjelaskan, gosok bagian yang telah diamplas itu dengan kompon. Kompon sendiri berfungsi menghaluskan tekstur clear coat atau biasa disebut pernis, dan biasanya digunakan untuk finishing pengecatan.

Soal biaya, kompon bisa dibeli dengan harga Rp 40 ribu untuk yang kaleng. Ada pula yang harganya Rp 10 ribu untuk yang kemasan kecil berbentuk pasta.

Setelah selesai, bagian tersebut kemudian dilap dengan kain bertekstur halus. Pastikan kain dalam keadaan bersih atau tidak ada partikel keras yang menempel. "Baiknya dilap pakai kain mikro fiber," tutup Erwin, yang telah menggeluti dunia pengecatan mobil sejak tiga tahun lalu ini.

Sebetulnya, untuk menghindari cat tergores lagi, pemilik mobil bisa saja melapisi kendaraannya dengan paint protector. Tapi konsekuensinya, penggunaan paint protector dapat membuat kilauan cat sedikit buram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.