Sukses

Terbukti Tipu Konsumen, Saham Volkswagen Langsung Turun 20%

Saham Volkswagen (VW) jatuh hampir 20 persen Senin lalu (21/9/2015) setelah mereka mengaku berbuat curang saat tes emisi.

Liputan6.com, California - Saham Volkswagen (VW) jatuh hampir 20 persen Senin (21/9), setelah pabrikan asal Jerman tersebut mengaku telah berbuat curang saat tes emisi mobil Diesel di Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan Reuters, saham VW turun 18,6 persen ke angka hampir 132,20 euro. Selain itu, mereka juga harus mengeluarkan uang denda yang mencapai angka US$ 18 miliar dan ganti rugi. Maklum, mobil Diesel telah mereka jual sejak 2007 silam.

Akibat kasus ini, US Environmental Protection Agency (EPA) akan memperluas penyelidikan ke semua merek mobil yang memproduksi mobil Diesel. Tercatat, selain VW, General Motors dan Fiat juga menjual mobil Diesel ke AS.

Menanggapi hal tersebut, banyak yang kemudian khawatir efek domino yang dibuat Volkswagen akan menimbulkan kerugian bagi industri otomotif secara umum.

Menteri perekonomian Jerman, Sigmar Gabriel misalnya, mendesak VW untuk segera terbuka soal ini. Ia juga meminta informasi apakah data emisi juga dipalsukan VW di Eropa atau tidak. "Ini akan merugian industri mobil Jerman," ujarnya.

Pihak VW sendiri telah secara terbuka meminta maaf dan membentuk tim investigasi internal untuk menyelidiki soal ini. "Saya pribadi sangat menyesal," ujar Martin Winterkorn, CEO VW, dikutip dari Wall Street Journal.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini