Sukses

Biaya Cerai VW dan Suzuki Rp 50 Triliun Lebih

Suzuki Motor resmi mengambil kembali 19,9 persen sahamnya dari tangan Volkwagen AG senilai US$ 3,9 miliar.

Liputan6.com, Tokyo - Suzuki Motor resmi mengambil kembali 19,9 persen sahamnya dari tangan Volkwagen (VW) senilai US$ 3,9 miliar atau sekira Rp 56,4 triliun. Keputusan ini dilakukan setelah pengadilan arbitrase internasional memerintahkan pabrikan Jerman tersebut untuk menjual sahamnya.

Persoalan saham ini memang menjadi masalah yang cukup pelik, sebelum akhirnya jalan keluar ditemukan. Beberapa waktu yang lalu, menurut laporan Worldcarfans, VW cukup senang dan berharap adanya efek positif dari penjualan saham ke Suzuki ini.

Suzuki sendiri belum tahu apa yang akan mereka lakukan pasca membeli saham tersebut. Demikian laporan Reuters, Kamis (17/9/2015). Sebelumnya, ada beberapa pihak yang menyarankan Suzuki membatalkan untuk membeli saham dari VW.

Manajer hedge fund atau yang juga dikenal sebagai pengelola investasi global, Daniel Loeb yang juga merupakan salah satu pemegang saham Suzuki, mengatakan sebaiknya Suzuki fokus meningkatkan nilai bagi pemegang saham yang ada.

Kemitraan antara VW dan Suzuki sudah bertahun-tahun. Sejak 2009, kemitraan keduanya mulai memburuk saat Suzuki mengumumkan rencana untuk membeli mesin Diesel dari Fiat. VW menganggap keputusan itu merupakan pelanggaran perjanjian.

Adapun kerja sama Suzuki dan VW awalnya adalah untuk mengembangkan teknologi hibrida dan mobil listrik. Berbagai kesepakatan kerja sama seperti transfer teknologi dan program lainnya tidak terjadi karena banyaknya masalah yang muncul.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.