Sukses

Honda Bakal Bangkitkan Motor 2 Tak?

Mesin dua tak ala Honda ini memiliki pembakaran yang bersih.

Liputan6.com, Tokyo - Era kejayaan mesin dua tak sudah lama berakhir. Alasannya, mesin ini menghasilkan polusi udara dan suara.

Namun demikian, performa buas yang dihasilkan mesin dengan cara kerja dua langkah tersebut tetap diakui dunia. Tergiur akan hal tersebut, Honda berencana untuk membangkitkan kembali mesin dua tak.

Dilansir Morebikes, Jumat (24/7/2015), mesin dua tak ala Honda ini memiliki keunggulan pembakaran yang bersih dan ditunjang dengan sistem pengabut bahan bakar secara injeksi dan memiliki performa gahar. Bocornya rencana Honda memproduksi mesin dua tak, berasal dari paten mesin yang diajukan pabrikan berlogo sayap mengepak itu.

Melalui sistem injeksi, bahan bakar yang disemprotkan ke ruang mesin begitu halus dan memiliki timing yang sangat akurat. Hasilnya, pembakaran menjadi sangat bersih dan emisi yang sangat rendah. Bahan bakar juga digunakan sebagai elemen pendingin di dalam silinder yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi mesin.

Lebih lanjut, adanya teknologi dua tak modern ini membuat Honda yakin mampu membangun sepeda motor yang ringan dan bertenaga sesuai dengan undang-undang yang berlaku di seluruh dunia. Banyak yang menduga jika mesin dua tak ini akan dihadirkan Honda pada model legendarisnya, yaitu NSR500.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.