Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

5 Fakta Menarik Tentang New MINI 5-Door

Liputan6.com, Jakarta - MINI Indonesia pada hari ini (5/3/2015) resmi meluncurkan model terbarunya, New MINI 5-Door di kawasan SCBD, Jakarta. Model ini tercatat sebagai varian mobil 5 pintu pertama sepanjang sejarah MINI.

Dibandingkan dengan pendahulunya, MINI 3-Door, New MINI 5-Door memiliki beberapa perbedaan, misalnya dimensi yang lebih panjang dan tinggi serta lebih lebar pada ruangan. Hal in membuatnya lebih sempurna dalam hal kenyamanan.

New MINI 5-Door hadir dalam dua varian, yaitu New MINI Cooper 5-Door dan New MINI Cooper S 5-Door. Perbedaan antara keduanya terletak dalam beberapa hal, misalnya kecepatan, tenaga dan akselarasi.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya tentang New MINI 5-Door. Berikut ulasannya:

1. Desain 5 pintu bikin lebih lapang dan nyaman

Dua varian NEW Mini 5-door memiliki dimensi yang lebih panjang dari pendahulunya, Mini 3-Door. Mini 5-Door lebih panjang 137 milimeter dari Mini 3-Door, sedangkan Mini S 5-Door lebih panjang 155 milimeter. Penumpang belakang juga dapat menikmati ruang kaki 37 milimeter lebih luas.

Selain itu, volume bagasi juga bertambah 67 liter menjadi 278 liter atau sekitar 30 persen lebih besar dibanding Mini 3-Door. Sandaran kursi yang dapat dilipat juga dapat meningkatkan volume ruang bagasi menjadi 941 liter.

>> Klik halaman selanjutnya

2 dari 5 halaman

Lebih bertenaga dan efisien

2. Lebih bertenaga dan efisien

New Mini 5-Door hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu Twin Power Turbo 3 silinder dan 4 silinder. Mesin Twin Power Turbo 3 silinder diinstal pada New Mini Cooper 5-Door dan menghasilkan tenaga hingga 136hp dan torsi maksimum 220 Nm. New Mini Cooper 5-Door memerlukan waktu 8,1 detik untuk sampai pada kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam dan memiliki kecepatan maksimal 207 km/jam.

Untuk konsumsi bahan bakar, Mini Chopper 5-Door menghabiskan 20 km/liter dengan tingkat emisi karbon 115 g/100km yang telah diuji di Uni Eropa.

Kemudian, New Mini S 5-Door dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 2000cc dengan tenaga maksimal 192hp dan torsi maksimal 280 Nm, bahkan mampu mencapai 300 Nm melalui fungsi overboost. Hal ini membuat New Mini S 5-Door hanya membutuhkan waktu 6,8 detik untuk mendapat kecepatan 100 km/jam dari titik 0 dan memiliki kecepatan maksimal 230 km/jam.

Emisi gas karbon yang dikeluarkan oleh New Mini S 5-Door adalah 127 g/100km dan mengonsumsi bahan bakar 18,2 km/liter.

>> Klik halaman selanjutnya

3 dari 5 halaman

Sensasi go-kart makin sempurna

3. Sensasi go-kart makin sempurna

Sensasi go-kart adalah salah satu ciri khas mobil MINI. Sensasi go-kart pada MINI 5-Door didapat melalui teknologi suspensi yang mempertahankan single-joint spring stut axle di depan dan miltilink axle di belakang.

Untuk dapat menggunakan komponen yang kokoh tetapi tetap ringan, as roda depan dilengkapi dengan aluminium awive bearings dan axle supports serta lengan suspensi yang terbuat dari besi berkekuatan tinggi.

Stabilizer berbentuk tabung di poros roda depan dan belakang mampu menurunkan berat kendaraan. Selain itu, bearing as roda juga mampu hadirkan sensasi nyaman dan lincah saat berkendara.

>> Klik halaman selanjutnya

4 dari 5 halaman

Sporty dan efisien di ujung jari

4. Sporty dan efisien di ujung jari

Aktivasi mode standar atau MID, SPORT atau GREEN dilakukan hanya dengan menggeser sebuah sakelar memutar yang ada di dasar tuas transmisi. Selain mempengaruhi akselarasi, sakelar kontrol tersebut juga mempengaruhi pendar lampu, tampilan lampu LED serta karakteristik transmisi yang memungkinkan pengendara memilih antara sporty atau lebih beorientasi pada efisiensi bahan bakar.

Pada mode GREEN, MINI 5-Door juga memungkinkan fungsi coasting. Fungsi ini membuat pengemudi dapat mengangkat kakinya dari pedal gas tetapi Mini 5-Door akan tetap berjalan dengan kepecatan konstan dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang minimum.

>> Klik halaman selanjutnya

5 dari 5 halaman

Tingkat keselamatan lebih tinggi

5. Tingkat keselamatan lebih tinggi

Struktur yang kokoh serta konstruksi ruang penumpang yang lebih stabil dapat menjauhkan pengendara dari kemungkinan benturan dan memastikan perlindungan maksimal.

Alat keselamatan standar yang ada pada New Mini 5-Door terdiri dari airbag depan dan samping, serta curtain airbag untuk kursi depan dan belakang. Semua kursi juga dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.

Bukan hanya untuk pengendara, MINI juga menyediakan fitur keselamatan untuk pejalan kaki. Peredam benturan, area deformasi dan kap mesin aktif dengan sensor membuat risiko pejalan kaki cedera lebih rendah seandainya bertabrakan dengan MINI 5-Door.

(rio/gst)

Loading