Sukses

Rambut Rontok Pasca Melahirkan? Ternyata Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Masa pascapersalinan sering disertai dengan perubahan yang disebabkan oleh perubahan hormon secara tiba-tiba. Rambut rontok pascapersalinan adalah salah satu perubahan tersebut.

Selama kehamilan, Anda mungkin melihat rambut tumbuh lebih cepat dari biasanya. Akan tetapi, beberapa bulan setelah melahirkan, kemungkinan besar Anda menyadarinya rontok, membuat Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang kerontokan rambut pascamelahirkan, termasuk apa penyebabnya dan jika ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya.

Mengapa Rambut Rontok Pasca Melahirkan?

Dilansir Forbes, Rabu (8/9/2022), menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan rambut di tubuh dan kepala Anda tumbuh lebih tebal.

Kemudian, sekitar tiga bulan setelah melahirkan, kebanyakan wanita mulai melihat perubahan lain pada rambut. Biasanya termasuk kerontokan rambut dari kulit kepala.

Ini terjadi karena hormon kembali ke tingkat sebelum hamil, yang memungkinkan rambut kembali ke siklus tumbuh dan rontok yang lebih teratur. Inilah yang sering disebut dengan kerontokan rambut pascapersalinan.

Sementara itu, jumlah rambut yang rontok mungkin mengkhawatirkan pada. Dalam banyak kasus, rambut Anda akan tumbuh kembali sepenuhnya dalam tiga hingga enam bulan, menurut ACOG

Penyebab

Ada beberapa penyebab kerontokan rambut pascamelahirkan, di antaranya:

1. Penurunan Estrogen Setelah Lahir

Seperti yang dijelaskan Amy Roskin, penurunan estrogen menyebabkan folikel rambut memasuki tahap istirahat alih-alih tahap pertumbuhan. "Rambut-rambut ini mungkin rontok beberapa bulan kemudian," katanya.

2. Kondisi yang Mendasari

Terkadang, kerontokan rambut pascapersalinan tidak hanya berkaitan dengan penurunan estrogen, tapi mungkin ada masalah mendasar yang memperburuknya.

“Masalah tiroid, anemia, stres, dan ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dan mungkin memerlukan evaluasi dan perawatan tambahan,” kata Roskin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Durasi Kerontokan

Kebanyakan orang melihat rambut mereka kembali atau tidak rontok lagi pada saat anaknya berusia satu tahun, menurut American Academy of Dermatology Association. Namun, dalam banyak kasus, waktu tersebut jauh lebih singkat.

“Saya mendorong pasien saya untuk bersabar karena ini adalah fase sementara,” jelas William D, ahli bedah pengganti rambut dan ahli kerontokan rambut di Chicago.

“Keadaan penumpahan ini biasanya akan hilang dalam tiga bulan setelah dimulai. Memahami bahwa transisi dengan rambut Anda kemungkinan besar akan terjadi dapat membantu Anda mempersiapkan mental,” katanya.

Tips Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

“Selama waktu ini, rawat rambut Anda dengan lembut dan gunakan produk penguatan dan pengkondisi untuk membantu menjaga rambut tetap lembut dan lentur untuk mencegah kerusakan,” kata Yates.

Dia menambahkan bahwa mengubah gaya rambut Anda menjadi potongan yang lebih pendek juga akan membantunya terlihat lebih tebal selama penumpahan dan fase pertumbuhan kembali berikutnya.

Penting juga untuk memantau nutrisi untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin dan mineral untuk mendukung Anda selama perubahan yang menarik dan menantang dalam tubuh dan kehidupan Anda ini, kata Yates.

Meskipun tidak ada perawatan medis khusus untuk kerontokan rambut pascapersalinan, Roskin mengatakan sampo penambah volume bisa menjadi pilihan yang bagus, seperti halnya menghindari kondisioner berat. “Lebih baik menggunakan produk untuk rambut halus karena mereka cenderung tidak membebani rambut.”

Bisakah Dicegah?

Karena perubahan hormonal alami yang dialami tubuh, kerontokan rambut pascamelahirkan tidak dapat sepenuhnya bisa dicegah.

“Perubahan hormonal adalah bagian dari perubahan normal tubuh setelah melahirkan dan tidak dapat dicegah,” kata Roskin.

Akan tetapi, lanjutnya, “Dapat mencoba mengelola aspek kesehatan lain yang dapat memperbaiki rambut.

Misalnya, makan makanan yang seimbang dan melanjutkan vitamin yang direkomendasikan dapat membantu menjaga rambut Anda terlihat terbaik. Menghindari panas selama penataan atau perawatan kimia yang keras juga dapat membantu.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS