Sukses

Hati-hati, 4 Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan Lho!

Perlu diketahui, tanpa sadar ada beberapa aktivitas yang ternyata bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Untuk tetap awet muda, setiap individu pasti menginginkan hasil yang maksimal. Salah satunya dengan membeli setiap produk anti-penuaan yang tersedia dari toko-toko terbaik. Meski demikian, mungkin sulit untuk memperlambat proses penuaan yang tak terhindarkan, terutama jika beberapa aktivitas yang sering dilakukan membuat Anda menua lebih cepat.

Perlu diketahui, tanpa sadar ada beberapa aktivitas yang ternyata bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat. Usia Anda dapat diperlambat atau ditingkatkan dengan setiap pilihan harian yang Anda buat. Segala sesuatu yang Anda lakukan, termasuk apa yang dikonsumsi, seberapa banyak intensitas berolahraga, dan kondisi perasaan dapat memengaruhi penuaan.

Karena itu, coba perhatikan apakah keempat gaya hidup ini sering Anda lakukan atau tidak? Jika iya, coba sebaiknya kurangi karena aktivitas ini bisa jadi mempercepat penuaan Anda.

1. Duduk sepanjang hari

Duduk sepanjang hari benar-benar bisa berpengaruh dari waktu ke waktu, meskipun seseorang mungkin tidak langsung menyadari efek dari gaya hidup yang tidak sehat. Duduk dalam waktu lama telah dikaitkan dengan aliran darah yang lambat, kesulitan mengendalikan kadar gula, dan kadar kolesterol tinggi. Dengan kata lain, itu semua merupakan faktor risiko gangguan terkait usia.

2. Banyak makan yang manis-manis

Makanan yang mengandung banyak natrium, gula, kolesterol buruk, dan lemak jenuh dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap peradangan. Bahkan ketika Anda tidak bisa tidak menginginkan batangan nutrisi yang manis atau sepertinya tidak bisa mendapatkan cukup sereal sarapan bergula. Gula bersifat pro-inflamasi dan mendorong mikrobiota yang buruk. Semua sifat ini berpotensi mempercepat penuaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Merokok

Merokok, seperti yang kita semua tahu, itu buruk bagi kesehatan Anda. Yang patut diketahui, membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Ini bisa sangat membahayakan kesehatan dan menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Di samping itu, merokok juga merusak dan mempercepat proses penuaan kulit dan keausan berbagai bagian tubuh. Bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. Merokok bahkan dapat menurunkan aliran darah ke kulit, mengakibatkan kerutan di seluruh wajah.

4. Kurang istirahat

Anda harus menahan diri untuk tidak bersantai atau menonton Netflix secara berlebihan dengan mengorbankan penuaan dini. Kualitas tidur yang buruk berdampak pada organ dan banyak proses tubuh kita. Tidur sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon, fungsi otot, pembentukan memori, dan metabolisme yang sehat, sehingga kurang tidur dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penambahan berat badan, stres dan kekhawatiran.

Harapan hidup Anda dapat ditingkatkan dengan melakukan penyesuaian gaya hidup sederhana. Seiring bertambahnya usia, membuat perubahan yang sehat dapat membantu Anda memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Kesehatan banyak organ tubuh ditingkatkan dengan diet bergizi dan olahraga teratur.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.