Sukses

Selain Jadi Camilan Sehat, Ini 7 Manfaat Kesehatan Kacang Pistachio

Liputan6.com, Jakarta Berasal dari kata Yunani pistákion yang berarti “kacang hijau” pistachio merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Sebab, kacang satu ini memiliki segudang nutrisi yang bisa bermanfaat bagi tubuh.

Lantas, apa saja manfaat kacang pistachio?

Melansir, laman Good Housekeeping, Kamis (23/6/2022), pistachio merupakan kacang yang tumbuh berkelompok di pohon besar. Mereka tumbuh sebagai buah kuning dan kemerahan yang matang menjadi hijau dan ungu.

"Sebagian besar pistachio di AS ditanam di tanah yang kaya secara alami di San Joaquin Valley California, di mana siang hari yang hangat dan malam yang sejuk menciptakan suasana yang sempurna untuk menanam pistachio yang menyehatkan jantung," kata Kepala Komunikasi Nutrisi di Good Housekeeping Nutritionist-Approved Wonderful Pistachios Maggie Moon.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan kacang pistachio buat kesehatan.

1. Sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral

Moon mengatakan bahwa satu porsi pistachio menawarkan lebih dari 30 vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang berbeda.

"Hampir 90 persen lemak dalam pistachio adalah jenis tak jenuh yang lebih baik untuk Anda juga," katanya. Satu ons kacang atau sekitar 49 pistachio menyediakan:

a. 159 kalori

b. 13 gram lemak total

c. 2 gram lemak jenuh

d. 8 gram karbohidrat

e. 3 gram serat

f. 6 gram protein

Selain itu, pistachio juga bebas kolesterol. Moon mengatakan bahwa satu porsi menyediakan lebih dari 10 persen Nilai Harian untuk zinc, vitamin B6, thiamin (B1), mangan, dan fosfor.

 

 

2 dari 3 halaman

2. Protein lengkap nabati

"Pistachio adalah pilihan protein nabati yang bagus dibandingkan dengan daging karena secara alami bebas kolesterol dan menambah serat untuk hari Anda," kata Moon.

Dia mencatat, karena pistachio menyediakan jumlah yang cukup dari semua sembilan asam amino esensial, kacang ini menjadi sumber protein lengkap.

"Protein dalam pistachio memiliki kualitas lebih tinggi daripada kacang camilan populer lainnya , dengan Protein Digestibility Corrected Amino Acid Score (PDCAAS) 94 dari 100 untuk pistachio panggang kering. Itu A solid di sana," tambah Moon.

3. Meningkatkan kontrol gula darah

Moon menuturkan, "Pistachio dapat dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk makan tepat dengan diabetes.”

Bahkan American Diabetes Association menyebut bahwa kacang ini sebagai "makanan super diabetes" karena mengandung lemak sehat dan jumlah seratnya dapat membantu mengelola rasa lapar dan kontrol gula darah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Diabetes Care menemukan bahwa konsumsi pistachio secara khusus mungkin memiliki efek penurunan glukosa dan insulin pada individu pradiabetes.

Sementara penelitian pada penderita diabetes tipe 2 lain menemukan asupan pistachio memiliki efek yang menguntungkan pada kontrol gula darah juga.

4. Mengatasi peradangan

Pistachio mengandung susunan unik senyawa antioksidan kuat, termasuk tokoferol, phylloquinone, karotenoid, klorofil, dan flavonoid.

Penelitian menunjukkan bahwa polifenol dan flavonoid banyak terdapat di semua bagian kacang pistachio dan juga memiliki sifat anti-inflamasi.

"Warna hijau dan merah-ungu pistachio berasal dari antioksidan," kata Moon.

 

3 dari 3 halaman

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Karena sekitar 90 persen lemak yang ditemukan di pistachio tidak jenuh, Moon mengatakan bahwa kacang bisa dijadikan sebagai camilan yang sangat sehat untuk jantung.

"Bukti ilmiah menunjukkan, tetapi tidak membuktikan, makan 1,5 ons per hari sebagian besar kacang-kacangan, seperti pistachio, sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, dapat mengurangi risiko penyakit jantung,” katanya.

Terlebih lagi, kacang ini juga merupakan sumber serat yang baik. Pakar menyarankan untuk memilih varietas tanpa garam atau sedikit asin untuk memastikan mereka tetap menjadi pilihan yang sehat untuk jantung.

6. Menjaga pola makan

"Memecahkan kulit pistachio dapat memperlambat Anda saat makan siang," kata Moon. "Kerang kosong mungkin menjadi isyarat visual yang membantu para pengemil makan dengan penuh perhatian."

Dia menambahkan bahwa pistachio dalam cangkang dapat membantu Anda "membodohi diri sendiri" karena sisa cangkang dapat membuat kenyang dan berpotensi membantu membatasi asupan.

7. Membantu manajemen berat badan

Penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi pistachio secara teratur dikaitkan dengan peningkatan asupan serat makanan, penurunan konsumsi permen, dan penurunan berat badan juga.

Bagaimana jika mengonsumsi kacang ini setiap hari?

"Ada alasan bagus mengapa Anda harus makan pistachio," kata Moon. "Protein adalah bagian penting dari diet sehat. Sebagai protein lengkap, pistachio dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein Anda,” lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa ini sangat penting untuk vegan dan vegetarian, tetapi juga bagus untuk siapa saja yang hanya ingin menambahkan lebih banyak protein nabati ke hari mereka.

Apakah kacang ini berisiko?

Individu yang memiliki masalah mengunyah dan/atau menelan mungkin perlu menghindari pistachio dan kacang-kacangan lain secara umum. Terlebih bagi yang memiliki alergi kacang atau alergi pistachio.

Namun bagi kebanyakan orang, kacang pistachio seharusnya aman dan cukup bermanfaat untuk dikonsumsi secara teratur. Jika Anda memiliki alergi kacang, penting untuk memastikan bahwa merek yang Anda pilih tidak diproses di fasilitas yang mengandung kacang.