Sukses

Sinar Mas Wakafkan Ribuan Alquran Lewat PP Muhammadiyah

Sejak 2008, dengan dukungan APP Sinar Mas, telah terdonasikan lebih dari 1 juta mushaf Alquran, 150 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra.

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan dukungan atas upaya internalisasi nilai-nilai Alquran ke dalam perilaku umat, Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM) mewakafkan 3.000 mushaf Alquran.

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin mengatakan, kali ini YMSM menggandeng Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir untuk membantu menyalurkan mushaf yang diwakafkan ke sejumlah sarana peribadatan serta pendidikan.

"Dengan harapan dapat menjembatani upaya masyarakat mendalami dan mengamalkan ajaran Alquran dalam keseharian,” kata Saleh Husin setelah penyerahan simbolis kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof KH Haedar Nashir di kantor PP Muhammadiyah Jakarta Pusat (Senin 23/5/2022).

Menurutnya, kesempatan ini bermakna silaturahim, setelah berlalunya Idul Fitri. “Sekaligus momentum menggali ide seputar upaya kami mewadahi praktik ke-Islam-an yang terbuka, toleran, setara, dan penuh kasih di lingkup Sinar Mas.”

Sebelumnya di pengujung April, YMSM juga sempat menggelar wakaf dengan dukungan Muhammadiyah. Sementara sepanjang Ramadan lalu, yayasan bersama sejumlah pilar bisnis Sinar Mas telah menyalurkan lebih dari 26 ribu mushaf Alquran ke berbagai kalangan dan organisasi.

“Wakaf sekaligus menjadi langkah sosial kami memperingati 100 tahun kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja,” ujar Saleh.

Sejak 2008, dengan dukungan APP Sinar Mas, telah terdonasikan lebih dari 1 juta mushaf Alquran, 150 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Quran Paper

Seluruh Alquran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang Mills yang berada di bawah naungan Asia Pulp and Paper Sinar Mas, guna pencetakan kitab suci dan buku agama.

Quran Paper yang memenuhi sertifikasi halal dari MUI, berwujud kertas berwarna dengan tekstur halus berikut daya serap terhadap tinta yang baik serta tingkat pencerahan warna kertas yang maksimal.

Spesifikasi ini memungkinkan hasil pencetakan di atasnya tidak akan berbayang. Meski halus, kertas ini sanggup mendukung pencetakan dengan kecepatan hingga 15.000 lembar per jam.

Dalam penggunaan normal, ketahanan kertas dan warna QPP mampu mencapai lebih dari 100 tahun. Lebih dari 90 persen produksi Quran Paper menjangkau pasar ekspor, utamanya negara Timur Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.