Sukses

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Tabir Surya

Berikut ini lima hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih tabir surya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang perlu berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan. Perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya membeli dan menerapkan produk tersebut.

Salah satunya produk kecantikan untuk melindungi kulit dari sinar matahari atau biasa dikenal dengan tabir surya.

Sebaiknya Anda tidak asal memilih tabir surya yang akan digunakan untuk merawat kulit. Sebab, bila asal-asalan pun itu bisa jadi justru menyebabkan masalah kulit yang tidak dapat teratasi. Lantas bagaimana cara memilih tabir surya yang baik?

Melansir laman The Indian Express, Senin (21/02/2022), berikut ini lima hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih tabir surya. 

1. Gunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit

Regimen perawatan kulit tentu tergantung pada jenis kulit yang dimiliki, entah normal, kombinasi, kering, berminyak atau sensitif. Anda harus memilih tabir surya berdasarkan apa yang paling dibutuhkan kulit tersebut.

Seseorang dengan kondisi kulit kering harus memakai tabir surya yang menghidrasi dan mengandung perlindungan spectrum secara luas. Hal ini dilakukan untuk menjauhkan sinar UV.

Sementara untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi, harus memilih tabir surya berbasis kimia atau gel yang akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar.

Poin penting lainnya yang harus diingat adalah Anda perlu mengoleskan tabir surya setiap hari. “Jangan lupa oles pula hingga ke kelopak mata, telinga, belakang leher, punggung tangan dan bagian atas kaki Anda” tutur salah satu Dermatologist Geetika Mittal Gupta.

2. Cek daftar bahannya

Dengan melihat daftar bahan yang terkandung di dalam produk tabir surya itu akan menyelamatkan Anda dari penyesalan terhadap masalah yang mungkin akan terjadi.

Tabir surya biasanya dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu fisik dan kimia. Tabir surya fisik atau mineral mengandung mineral, seperti zinc oksida yang memantulkan sinar matahari dari kulit. Sedangkan tabir surya kimia mengandung senyawa kimia yang membantu perlindungan spektrum luas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mempelajari cara menerapkan tabir surya

Tabir surya yang berwarna dapat berperan ganda. Salah satunya bisa dijadikan sebagai pelembab. Karena menjadi tren make-up paling populer, tabir surya berwarna akan menjadi alas yang sempurna untuk riasan halus model lainnya.

4. Cari tabir surya yang tahan air

Meskipun tidak memiliki daftar aktivitas berenang di siang hari, Anda lebih baik menggunakan tabir surya yang mampu tahan air. Sebab, tabir surya yang mengandung formulasi tahan air dapat membantu memastikan ketika hujan atau keringatan yang tiba-tiba tidak membuat Anda terkena sinar matahari yang berbahaya.

Setelah itu, gunakan metode pembersihan ganda atau double cleansing ketika akan menghapus riasan dan tabir surya.

5. Perhatikan SPF

Tabir surya yang memiliki SPF 100 memiliki perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan SPF 50. Tentunya hal ini berkaitan dengan cara melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Di antara kedua SPF tersebut, tabir surya yang hanya dengan SPF 30 juga mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.