Sukses

Tips Redakan Stres buat Ibu Hamil

Tips untuk membantu meredakan stres selama hamil.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan bisa menjadi saat yang ajaib sekaligus saat yang sangat menegangkan bagi wanita mana pun. Ini adalah saat ketika hormon rusak dan menghadapi perubahan dalam tubuhnya.

Bukan hanya stres fisik karena berjalan-jalan dengan perut buncit yang harus ditangani, tetapi juga harus menghadapi perubahan emosi di kepalanya.

Stres pada ibu hamil meningkat ketika ada lebih banyak anak di rumah dan Anda bekerja. Sangat mudah untuk menjadi stres dan meledak.

Melansir dari magforwoman, Jumat (19/3/2021), alih-alih membuat hidup sengsara dan orang-orang di sekitar, Anda bisa mencoba hal-hal berikut untuk membantu mengatasi stres selama kehamilan.

1. Identifikasi apa yang menyebabkan stres dan coba menjauhinya

Anda bisa stres dengan cara tubuh berubah, stres tentang beban yang terus membengkak, dan stres karena membersihkan rumah atau menjaga anak-anak lain.

Ada begitu banyak hal yang dapat membuat gila. Identifikasi dan pisahkan apa yang paling menyebabkan stres.

Setelah mengidentifikasi pelakunya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatasinya dan mengurangi stres.

2. Minta bantuan saat merasa kewalahan

Semua orang bisa saja mandiri sepanjang hidup. Tetapi ketika hamil, pasti akan meminta bantuan dari seseorang. Anda dapat meminta suami, ibu, ayah, saudara atau teman untuk membantu pekerjaan rumah.

3. Luangkan waktu untuk bersantai dan dimanjakan

Ingatlah selalu bahwa kehidupan di rumah akan terus berjalan meskipun Anda tidak ada. Suami mungkin terlihat tidak berdaya tanpa istri, tetapi Ia tetap akan mengelola semua dengan baik.

Kunjungi spa, bersantailah sebanyak yang diinginkan dan manjakan diri. Ibu hamil berhak melakukannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jalan-jalan jauh

Jalan-jalan panjang dan lambat juga membantu saat stres selama kehamilan. Jangan meninggalkan rumah dengan terengah-engah dan melampiaskan amarah pada lutut.

Tapi atur diri Anda dengan nyaman dan berjalan-jalan. Jalan-jalan ini pasti akan menenangkan dan menurunkan stres.

5. Dengarkan musik

Musik adalah penghilang stres yang hebat. Jika memiliki lagu atau band favorit, Anda dapat mendengarkannya atau mendengarkan lagu yang menenangkan. Ini akan dapat menurunkan stres dan banyak menenangkan.

Stres selama kehamilan bisa berbahaya bagi ibu dan bayi. Jangan biarkan stres memengaruhi kesehatan karena Anda berdua harus tetap bahagia dan sehat.

Jangan biarkan siapa pun membuat kesal dan sebisa mungkin menjauhkan hal-hal yang membuat stres. Kehamilan adalah saat yang indah dan Anda harus menikmatinya semaksimal mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini