Sukses

5 Perubahan Gaya Hidup untuk Mencegah Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok merupakan pengalaman yang setiap orang ingin hindari. Meskipun belum ada obat instan untuk rambut rontok, tetapi dengan mengubah kebiasaan gaya hidup sehari-hari dapat membantu mengatasinya.

Penyebab rambut rontok ada beragam, bisa karena kondisi medis, perubahan hormonal, atau bahkan karena genetik.

Dengan gaya hidup sehat seperti pola makan teratur dan sehat serta mengurangi stres dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Berikut 5 tips untuk mencegah rambut Anda menipis, dilansir dari TimesofIndia.

1. Ubah pola makan

Konsumsi makanan sehat dan seimbang sangat penting untuk memperlambat kerontokan rambut. Pastikan untuk menambah asupan protein Anda dan melakukan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Konsumsi makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah beri, dan sayuran berdaun hijau setiap hari sesuai kebutuhan kalori harian Anda.

Pertimbangkan mengonsumsi vitamin A dan B dan beta-karoten untuk pertumbuhan rambut. Konsultasikan hal ini dengan dokter.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya memicu kerontokan rambut, tetapi juga merusak kesehatan Anda secara keseluruhan.

Cara paling efektif untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut adalah dengan berhenti merokok sama sekali. Penelitian menunjukkan bahwa merokok merusak DNA folikel rambut dan mengganggu pertumbuhan rambut.

 

2 dari 4 halaman

3. Kenakan topi saat keluar rumah

Sinar UV matahari nyatanya juga bisa merusak rambut Anda. Paparan berlebihan terhadap radiasi UV merusak dan melemahkan protein di rambut.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan memengaruhi kualitas rambut Anda secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Maka dari itu, gunakan topi untuk mencegah kerusakan rambut selama Anda menghabiskan waktu di luar rumah.

4. Mengurangi stres

Stres telah diidentifikasi sebagai salah satu penyebab utama bagi banyak masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Stres dapat menyebabkan rambut rontok dan mengganggu rambut memasuki siklus pertumbuhan baru.

Untuk mengatasi rambut rontok akibat stres, coba kurangi stres dan manjakan diri dengan olahraga teratur dan meditasi.

5. Hindari penataan berlebihan

Penggunaan alat penata rambut yang berlebihan memiliki efek serius dan merusak folikel rambut. Penggunaan alat penata rambut yang ekstrem seperti pengering rambut dan catokan pelurus rambut dapat dengan mudah merusak dan melemahkan akarnya.

Penggunaan alat-alat ini secara teratur dan berlebihan dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih lemah dan tipis.

Jika Anda termasuk, sebaiknya segera batasi penggunaan alat-alat ini dan hanya menggunakannya saat diperlukan saja.

3 dari 4 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: