Sukses

Sering-sering Habiskan Waktu di Alam karena Baik buat Kesehatan Mental dan Fisik

Liputan6.com, Jakarta Selama masa pandemi COVID-19, lebih sedikit aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Pertemuan atau rapat pun dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi yang ada.

Sehingga membuat kebanyakan orang merasa lelah untuk bekerja dan tetap berada di dalam rumah. Jika tidak dapat dikontrol maka akan timbul masalah kesehatan mental dan fisik yang berbahaya bagi Anda sendiri.

Salah satu cara untuk mencegah gangguan mental dan fisik adalah dengan menghabiskan waktu di alam.

Berada di alam bebas untuk berolahraga dan menghirup udara segar sangat dibutuhkan untuk menyehatkan paru-paru Anda sealin itu juga untuk meningkatkan suasana hati.

Dalam kondisi new normal, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan melalui jendela yang ada di rumah untuk sekedar melihat tumbuhan atau pepohonan yang berwarna hijau dan menghirup udara segar.

Mengutip dari yourtango, Jumat (9/10/2020), berikut 7 cara yang dapat Anda ambil manfaatnya saat berada di alam:

1. Menemukan tempat luar ruangan yang indah

Keindahan alam di luar ruangan yang sesungguhnya terlihat dari tumbuhan yang menghiasi dan tumbuhnya di tempat yang paling tidak mungkin.

Sebut saja seperti di pekarangan rumah yang terabaikan. Sehingga Anda dapat lebih mengetahui jenis-jenis tumbuhan.

2 dari 3 halaman

2. Penasaran dengan tumbuhan dan hewan

 

Saat Anda menjumpai tumbuhan dan hewan dalam perjalanan Anda, cari tahulah lebih dalam mengenai hal tersebut. Pertimbangkan untuk membuat jurnal mengenai tumbuhan dan hewan yang Anda temukan saat berpergian.

3. Pelajari tentang suku dan adat di daerah Anda

Mempelajari bagaimana penduduk asli hidup di darat juga dapat membangkitkan pengetahuan. Membangun keintiman dengan alam adalah salah satu cara untuk menghormati penduduk aslinya.

4. Gunakan alat untuk menjelajahi dunia

Kamera gawai Anda dapat membantu eksplorasi keindahan tanpa harus menyentuh atau mengganggu spesies tersebut. Selain itu menggunakan terpong juga dapat membantu Anda untuk melihat burung yang ada di langit.

5. Bangunkan spiritualitas 

Spiritualitas adalah aspek yang penting dari pengalaman Anda sebagai manusia di alam semesta yang sangat luas dan penuh misteri ini. Menyelaraskan hidup dengan ritme alam dapat membantu merasa terjalin lebih besar dan luas.

6. Pelajari seni ramalan alam

Bisa berupa angka, pola terbang burung, warna dan bentuk yang ditemukan di alam. Mempelajari bagaimana membaca alam dapat menarik Anda ke dalam dialog yang berbeda dan lebih intim dengan lingkungan.

7. Memberi Kembali ke alam

Anda mendapatkan begitu banyak hal dari alam. Saat Anda memperdalam keintiman dengan alam, menemukan cara untuk membalas akan membantu Anda merasa lebih terhubung dengan alam. Sebagai contohnya saat Anda sedang berjalan dan menemukan sampah yang tidak di tempat seharusnya, maka buanglah sampah tersebut ke tempat seharusnya yaitu ke tempat sampah.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Tonton Video Ini