Sukses

Buat Pemakai Lensa Kontak, Pertimbangkan Menggantinya dengan Kacamata

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemakai lensa kontak, ada baiknya mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke kacamata. American Academy of Ophthalmology (AAO) menilai ada beberapa masalah yang muncul dari pemakaian lensa kontak yang tidak benar.

"Kami memberi tahu orang-orang untuk menggunakan lensa kontak sekarang," kata Thomas Steinemann MD, Juru Bicara AAO dan profesor oftalmologi di MetroHealth Medical Center.

Pernyataan itu, bagaimanapun, tidak merujuk bukti ilmiah sebagai klaim. Organisasi ahli kacamata internasional, termasuk Komunitas Cornea dan Lensa Kontak Australia dan Asosiasi Lensa Kontak Inggris juga tidak begitu yakin tentang saran ini.

Jadi, apa yang sebenarnya apa yang dimaksud AAO? Begini penjelasannya, melansir laman Lifehacker.com

1. Penggunaan Lensa Kontak yang Tidak Tepat Dapat Menyebabkan Masalah Mata

Rekomendasi AAO sebagian didasarkan pada penggunaan di dunia nyata, karena banyak pemakai lensa memiliki  masalah mata.

Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah mata, seperti lupa melepasnya saat tidur, tidak membersihkan secara teratur, dan tidak menjaga kebersihan tangan.

Kesalahan tersebut menjadi masalah yang besar jika kita terbiasa dan tidak mengubah kebiasaan. Dengan begitu kacamata menawarkan pilihan yang lebih sederhana, mengurangi risiko membebani sistem perawatan kesehatan.

Jika tidak mau melakukan perawatan pada lensa kontak dan merasa tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tepat untuk lensa kontak, lebih baik mempertimbangkan untuk mengganti lensa kontak dengan kacamata yang perawatannya lebih sederhana dan mempunyai risiko yang sedikit terhadap kesehatan mata.

 

2 dari 2 halaman

2. Lakukan Penggunaan Lensa Kontak dengan Benar

 

Jika memilih untuk memakai lensa kontak, sangat penting untuk mengikuti panduan dalam menjaga kebersihan untuk mata dan lensa yang digunakan, seperti sebagai berikut:

1.       Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang lensa kontak

2.       Mendisinfeksi lensa kontak secara teratur

3.       Menghentikan penggunaan jika membuat sakit

4.       Membuang lensa kontak yang sudah rusak dan kadaluwarsa

Beberapa ahli menyarankan untuk mempertimbangkan untuk mengganti lensa kontak dengan kacamata, jika terjadi gejala seperti mata merah, flu, dan lain-lain. Pada dasarnya jika merasa tidak sehat sebaiknya mempertimbangkan untuk mengganti kacamata.

Meskipun putusannya tidak jelas, ada baiknya mempertimbangkan saran itu ketika relevan bagi Anda.

 

Reporter : Tiara Sekarini