Sukses

Mantan Ketua DPR Wahono Tutup Usia

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Ketua DPR/MPR periode 1992-1997 Wahono meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan, Senin (8/11), pukul 16.05 WIB. Pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur, 25 Maret 1925 ini meninggal akibat sakit tenggorokan dan paru-paru. Almarhum meninggalkan seorang istri, Mintarsih Syahbandar dan enam orang putra.

Malam ini, almarhum disemayamkan di kediamannya Jalan Iskandarsyah 2 Nomor 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jenazah purnawiran bintang tiga ini akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jaksel, Selasa siang.

Selama hidupnya, Wahono menerima penghargaan berupa sembilan bintang jasa dan 11 Satya Lencana dari pemerintah. Wahono dikenal sebagai sosok sederhana dan kalem namun tetap disiplin dan konsisten. Ia mengenyam pendidikan militer di Kanbu Kyoiku, Bogor, Jawa Barat (1943) sebelum bergabung dengan Badan Keamanan Rakyat. Setelah masuk Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat, ia menjadi Asisten II Komando Cadangan Strategis AD di bawah kepemimpinan Soeharto.

Wahono meninggalkan Kostrad untuk memangku jabatan Panglima Komando Daerah Militer VIII/Brawijaya (1970-1972). Kembali ke Jakarta, Wahono dipercaya sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Darat (1974-1977). Almarhum juga sempat menjadi Direktur Jenderal Bea dan Cukai sebelum menjabat Gubernur Jawa Timur pada 1983-1988.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

    Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

    Tutup Video