Sukses

Perkuat Ketahanan Pangan, Erzaldi Rosman Dorong Optimalisasi Akuakultur

Menurut dia, diperlukan peran sinergis pihak-pihak berkompeten agar good aquaculture practices bisa terlaksana. Paralel dengan itu, diharap ada peningkatan konsumsi protein dari perikanan secara signifikan oleh masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendorong optimalisasi pengembangan akuakultur atau budidaya perikanan untuk mendukung agenda ketahanan pangan yang digaungkan pemerintah di tengah situasi pangan global yang penuh ketidakpastian.

“Akuakultur salah satu potensi besar di perikanan ini peluangnya sangat besar, tapi belum optimal pemanfaatannya. Padahal kita memiliki wilayah, keanekaragaman hayati, dan SDM yang memadai," kata Erzaldi Rosman di sela-sela blusukannya ke warga Selat Nasik, Belitung, Kamis (5/1/2023).

Erzaldi mengaku memegang pesan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Menteri yang diberi tugas tambahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin proyek lumbung pangan nasional ini mengingatkan potensi besar yang dimiliki Indonesia sebagai negara maritim.

"Pesannya satu, negara kita ini negeri maritim. Potensi maritimnya besar, jadi mesti cermat mengelolanya," ujarnya. 

Realitas ini, kata Erzaldi, juga didukung dengan masih minimnya konsumsi ikan oleh masyarakat Indonesia bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya. 

Di titik inilah diperlukan peran sinergis pihak-pihak yang berkompeten mulai dari pebisnis, akademisi, pemerintah, masyarakat, dan media agar good aquaculture practices (Praktik Budidaya yang Baik dan Benar) bisa terlaksana. Paralel dengan itu, akan terjadi peningkatan konsumsi protein dari perikanan secara signifikan oleh masyarakat Indonesia.

“Kerangka berpikir pentahelix actor untuk mengoptimalkan potensi akuakultur di Tanah Air bersama pebisnis, akademisi, pemerintah, masyarakat, dan media, menjadi relevan untuk disistemkan, agar tujuan besar kita yakni ketahanan pangan dapat terwujud di tengah kemajuan teknologi yang pesat," tutur politikus Partai Gerindra ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RI Bisa Jadi Negara Akuakultur Terbesar Dunia

Sebagai ilustrasi, berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), hasil ekspor untuk produk perikanan Indonesia sebesar USD 4,56 miliar pada tahun 2021. Capaian tersebut, 40 persen di antaranya disumbang dari komoditas udang.

Sejalan dengan data KKP, Indonesia diprediksi dapat menjadi negara akuakultur terbesar dunia yang saat ini masih dikuasai oleh Tiongkok, sebagaimana terkonfirmasi dalam temuan World Bank 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.