Sukses

Tembus Sisa Banjir Lahar Dingin, Warga Nekat Pulang ke Rumah

Kapolres Batu, AKBD Windiyanto, membenarkan banyak warga yang mengabaikan peringatan dan tetap memilih pulang ke rumah.

Banjir lahar dingin dari Sungai Konto juga merusak akses jalan menuju 5 dusun di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Akses jalan hampir sepanjang 2 kilometer itu kini dipenuhi material yang dibawa banjir di Sungai Konto. Padahal jalan tersebut baru diperbaiki saat kunjungan Wakil Presiden Boediono di Bendungan Selorejo beberapa bulan lalu.

Meski demikian, sejumlah warga nekat pulang ke rumah melintasi jalan tersebut untuk sekadar memberi pakan ternak. Warga menerjang jalan yang masih dipenuhi lumpur meski air banjir sudah mulai surut.

"Banyak yang memaksa pulang demi memberi pakan ternak, tapi saat petang sudah kembali turun," kata Parno, koordinator Jangkar Kelud wilayah Ngantang ditemui di Selorejo Malang Jawa Timur, Rabu (19/2/2014).

Kapolres Batu, AKBD Windiyanto, membenarkan banyak warga yang mengabaikan peringatan dan tetap memilih pulang ke rumah. "Banyak warga yang memaksa pulang saat siang hari, akhirnya kami izinkan masuk ke dusun yang masih bisa ditembus," katanya.

Namun petugas dengan tegas melarang warga untuk masuk saat sore atau malam hari. Selama belum ada informasi atas menurunnya status Gunung Kelud dari pusat vulkanologi, warga tetap diminta waspada.

"Apalagi sekarang hujan juga masih sering mengguyur, antisipasi adanya banjir lahar dingin susulan," tandas Windiyanto. (Tya/Riz)

Baca juga:

7 Rumah Rusak Parah Diterjang Lahar Hujan Gunung Kelud

Rp 1 Triliun Disiapkan Rehab Rumah Korban Letusan Kelud

[VIDEO] Korban Gunung Kelud Mulai Kembali Ke Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini