Sukses

Ahok Terharu Staf Kedubes Uni Eropa Bantu Korban Banjir Jakarta

Mewakili Pemprov DKI, Ahok mengucapkan terima kasih atas bantuan masyarakat internasional itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku terharu terkait bantuan tenaga dari perwakilan 20 negara Uni Eropa untuk korban banjir Jakarta. Khususnya untuk korban banjir di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

"Kami sangat terharu karena tidak hanya Dubes, tetapi juga sopir ikut membantu. Dalam pepatah Indonesia, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Ini seperti gotong-royong di Indonesia," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki itu di Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (11/2/2014).

Mewakili Pemprov DKI, Ahok mengucapkan terima kasih atas bantuan masyarakat internasional itu. Bantuan ini terkumpul Rp 100 juta dari kocek pribadi setiap kedutaan besar Uni Eropa, mulai dari pejabat tinggi hingga staf.

"Kami sangat menghargai bantuan internasional," ujar mantan Bupati Belitung timur itu.

Tokoh Masyarakat setempat, Hamid, juga mengutarakan rasa terima kasihnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan pemerintah, masyarakat, hingga Kedutaan Besar Uni Eropa di Indonesia itu.

"Kami atas nama Kapuk Muara, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena dukungan banjir baik moril dan materi," kata Hamid. "Kami bangga ambassadors pada datang, hingga dunia."

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan ASEAN Olof Skoog mengatakan, dana itu merupakan bantuan personal dari masing-masing staf ataupun delegasi Uni Eropa sebagai balas budi dan keprihatinan mereka terhadap korban banjir Jakarta.

"Kami sudah bekerja bertahun-tahun di kedutaan sini (Jakarta). Kami ingin membayar kembali keramahan warga di sini. Kami mengumpulkan bantuan secara pribadi. Ini bantuan sederhana untuk keramahan Anda," kata Olof Skoog.

Bantuan dana tersebut disebar masing-masing oleh pihak Uni Eropa di 2 kelurahan di Jakarta Utara yaitu Kapuk Muara dan Pejagalan. Sementara, di wilayah Jakarta Barat, bantuan Rp 100 juta itu disalurkan ke Kelurahan Kapuk.

Serah terima bantuan secara simbolis itu dilaksanakan di lokasi yang berada di dekat kawasan banjir yaitu di Exit Tol Pantai Indah Kapuk (PIK), samping Kali Angke. Penyerahan bantuan tersebut disaksikan langsung Ahok bersama Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono dan warga msayarakat. (Rmn/Ism)

Baca juga:

Delegasi Uni Eropa Sumbang Rp 100 Juta buat Korban Banjir Jakarta
Rumah di Kampung Pulo Rusak Akibat Banjir, Warga Minta Rusun
Jakarta Diprediksi Hujan, Pos Pemantau Air Angke Naik Siaga III

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini