Sukses

Turis Asing Heran Lihat Banyak Pengemis di Vihara Saat Imlek

"Mengapa orang-orang berkumpul di sini?" tanya Matt sambil menunjuk ke kerumunan pengemis di pagar Vihara Dharma Bakti.

Perayaan Imlek 2565 di Vihara Vihara Dharma Bakti, kawasan Petak Sembilan, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, menarik perhatian para turis asing. Di antara warga asing yang berkunjung ke Vihara Dharma Bakti itu adalah Matt (35), turis asal Amerika Serikat.

Namun ada yang membuat Matt heran. Sebab, tak hanya warga Tionghoa yang datang untuk berdoa di vihara itu. Namun di luar pagar vihara terlihat banyak pengemis yang berkerumun.

"Mengapa orang-orang berkumpul di sini?" tanya Matt sambil menunjuk ke kerumunan pengemis di pagar Vihara Dharma Bakti.

Matt yang mengaku sudah tinggal selama 3 tahun di Jakarta itu akhirnya tahu bahwa kerumunan itu adalah penemis yang berharap sedekah dari pengunjung vihara.

Menurut dia, di Amerika Serikat tidak ada pemandangan seperti ini. "Di negara saya tidak ada yang seperti ini," tutur Matt berbahasa Indonesia dengan logat bicara yang kurang lancar.

Anna (28) yang merupakan kekasih Matt juga terheran-heran. Perempuan asal Rusia itu tidak mengira ada banyak pengemis di sekitar klenteng yang dipakai untuk tempat merayakan Imlek itu.

"Iya, di Rusia pun, tidak ada yang seperti ini," ujar Anna yang mengaku baru tinggal 4 bulan di Jakarta itu. (Ein)

Baca juga:
Selain Gus Dur, Warga Tionghoa Juga Doakan Jokowi-Ahok Saat Imlek
Imlek, Warga Tionghoa Selipkan Doa untuk Gus Dur
Sukarno, Gus Dur, dan Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini