Sukses

Ratusan Rumah di Kabupaten Serang Terendam

Banjir kembali merendam ratusan rumah di Perumahan Bumi Nagara Lestari, Kabupaten Serang, Banten. Banjir kali ini merupakan yang terparah.

Banjir kembali merendam ratusan rumah di Perumahan Bumi Nagara Lestari, Desa Nagara, Kecataman Kibin, Kabupaten Serang, Banten, dengan ketinggian antara 50 centimeter sampai 70 centimeter atau setinggi lutut hingga sepinggang orang dewasa.

"Banjirnya sudah 4 kali. Banjir ini yang paling parah," ujar Sugianto (35), warga setempat ketika memindahkan barang-barangnya ke Kantor Desa Nagara yang menjadi lokasi pengungsian, Rabu (29/1/2014).

Tidak semua warga memutuskan untuk mengungsi, ada juga yang tetap bertahan di rumahnya dengan alasan untuk menjaga barang-barangnya dan ada juga yang memilih mengontrak rumah agar lebih nyaman.

"Nggak pindahlah, di sini saja, nanti barang-barangnya gimana. Tidurnya di amben (bale) aja, ditinggiin," ujar warga lainnya bernama Munarwah.

Sementara warga perumahan lainnya mengeluhkan banjir yang kerap datang tiap tahun. Apalagi saat sebelum menempati perumahan ini, pihak pengembang menjanjikan bahwa perumahan tersebut bebas banjir.

Sedangkan anggota DPRD Kabupaten Serang, Abdul Manaf menyesalkan sikap pemerintah setempat yang dinilai tidak tanggap terhadap bencana ini. Terbukti, bantuan yang datang umumnya dari pihak swasta.

"Dari pihak pemerintah paling mengontrol saja. Ada bantuan-bantuan juga bukan dari pemerintah," ujarnya saat mendatangi lokasi banjir.

Banjir ini merupakan akibat luapan dari Sungai Cingambuy. Perlu diketahui, perumahan ini berbatasan langsung dengan Sungai Cingambuy yang merupakan anak Sungai Ciujung. (Ado)

Baca juga:

Pohon Terendam Banjir Petani Karet di Lampung Libur
Tinggi Gelombang di Perairan Lampung Capai 4 Meter
BMKG: Hujan Merata di Jakarta Hari Ini, Sore Lebat
Hujan Deras, Pintu Air di Jakarta Naik Level Siaga II dan III

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini