Sukses

Sutan Bhatoegana: Timwas Century Sudah Mirip Pansus

Timwas Century lebih sering memanggil orang untuk menjalani pemeriksaan dan tidak diketahui tujuannya.

Demokrat menilai Tim Pengawas kasus Bank Century DPR dinilai sudah mirip dengan Panitia Khusus (Pansus) Century. Timwas lebih sering memanggil orang untuk menjalani pemeriksaan dan tidak diketahui tujuannya.

"Sekarang Timwas sudah mirip Pansus lagi. Suka panggil-panggil orang yang tidak tahu juntrungannya apa. Ngeri-ngeri sedap ini. Kalau mau sepakat kita selesaikan saja Timwas ini dan serahkan ke komisi terkait (Komisi III)," kata politisi Demokrat, Sutan Bhatoegana, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Tugas Timwas, kata Bhatoegana itu mengawasi kinerja para penegak hukum yang diberi amanah oleh paripurna kepada Panitia Khusus (Pansus) Century. Ketua DPP Demokrat ini mencermati, seharusnya timwas bisa menanyakan langsung kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai keterlibatan Boediono dalam kasus dugaan korupsi Bank Century, bukan langsung memanggilnya.

"Lalu waktu pemanggilan Pak Boed, kita sepakat Pak Boed menyampaikan konferensi pers. Itu bukan fakta hukum. Kalau fakta hukumnya itu tanyakan ke KPK," lanjutnya.

Sutan mengatakan, jika memang Timwas bekerja, pasti setiap ada rapat dihadiri seluruh anggota Timwas. Namun, pada kenyataannya tidak banyak anggota yang datang dalam rapat yang digelar. "Banyak nggak yang datang? Cuma berapa potong saja, itu-itu mulu," katanya.

Dia mengatakan, Demokrat menginginkan supaya kasus Century diselesaikan di komisi terkait. "Karena Timwas sudah berubah menjadi Pansus lagi," tandas Sutan. (Mvi/Ism)

Baca juga:
Boediono Kirim Surat Pribadi ke Timwas Century, PKS Geram
Langkah Boediono Tolak Panggilan Timwas Century Sudah Tepat?
Ical Tak Larang Kader Golkar di Timwas Century Panggil Boediono

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini