Sukses

Bantu Siapkan Generasi Lebih Baik, TNI Dukung Program KB Nasional

"Organisasi TNI yang tersebar luas serta struktur komando vertikal yang solid, memudahkan TNI dukung program BKKBN," kata Widjonarko.

Sebanyak 138 Perwira TNI mengikuti pertemuan evaluasi hasil Bakti Sosial (Baksos) TNI dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dibuka Kepala BKKBN Fasli Jalal di Tangerang, Banten, Jumat (6/12/2013).

Aster Panglima TNI Mayjen TNI S Widjonarko yang membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan program bakti sosial kemitraan BKKBN dengan TNI bertujuan membantu pemerintah mengendalikan jumlah penduduk. Hal ini agar penduduk tumbuh seimbang sesuai dengan ketersediaan pangan dan energi yang mampu dikelola oleh negara.

Ia menuturkan penduduk Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang luar biasa, dengan jumlah yang sudah mencapai lebih dari 234 juta jiwa. Jumlah tersebut menduduki rangking ke-4 terbanyak di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat.

"Perbandingan antara jumlah penduduk dengan ketersediaan pangan maupun energi semakin tajam, berdampak pada pemenuhan kebutuhan pangan, pendidikan dan kesehatan akan semakin sulit," kata Widjonarko.

Ia menambahkan Panglima TNI juga menegaskan keikutsertaan TNI dalam kegiatan Program KB bukan karena TNI memiliki kemahiran secara teknis dalam bidang KB. Tetapi lebih didasari karena TNI memiliki komitmen untuk turut serta membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya. Yaitu menyiapkan penduduk agar memiliki kualitas yang baik.  

"Organisasi TNI yang tersebar luas di seluruh pelosok tanah air serta memiliki struktur komando vertikal yang sangat solid, memudahkan TNI untuk memberikan dukungan kepada program BKKBN dalam percepatan pelaksanaan program KB secara nasional," imbuh Widjonarko.

Di akhir amanatnya, Widjonarko menegaskan Panglima TNI berharap agar evaluasi yang dilaksanakan di tahun 2013 akan mampu memberikan rekomendasi yang konkrit untuk program bakti sosial kemitraan BKKBN dengan TNI pada 2014. Panglima TNI juga menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI yang bertugas di daerah yang telah dengan sungguh-sungguh membantu merealisasikan kegiatan BKKBN sampai kelini yang paling bawah, yaitu di pelosok-pelosok desa seluruh Indonesia.

“Teruskanlah kerja sama yang baik dengan jajaran BKKBN yang ada di daerah, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dilandasi oleh jiwa sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional,” imbuh Widjonarko menyampaikan pesan Moeldoko.

Dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan pengalaman hasil pelaksanaan Baksos TNI Manunggal KB-Kes di wilayah Korem 131/Santiago, Manado, Sulawesi Utara oleh Kasiter Korem Letkol Inf Teo Kawatu. Dan pengalaman pelaksanaan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dari Pontianak Provinsi Kalimantan Barat oleh Kepala Perwakilan BKKBN Ir. Dwi Listiawardani. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini