Sukses

[VIDEO] 2 Siswa SMP Surabaya Ciptakan Wayang Robot

Keduanya mengaku menciptakan robot wayang ini untuk menularkan kecintaan akan budaya Indonesia kepada teman-teman seusianya.

Mungkinkah pertunjukkan wayang berlangsung tanpa dalang dan pemain gamelan? 2 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surabaya mampu menciptakan robot yang memainkan wayang dan menabuh gamelan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (5/12/2013), aksi wayang kulit berukuran mini itu layaknya wayang pada umumnya. Dalam siluet sorotan lampu yang ditembakkan ke layar pementasan, aksi wayang kulit ini juga diiringi tabuhan gendang gamelan yang ternyata ditabuh sebuah wayang golek.

Wayang golek ini bergerak kian kemari tanpa digerakkan sang dalang. Ya, tak ada dalang dalam pentas wayang ini, karena ini adalah pentas kolaborasi robot wayang kulit dan wayang golek. Pertunjukkan wayang ini seluruhnya digerakan oleh robot yang diciptakan Frederic dan Rizky, siswa SMP Cita Hati Surabaya.

Keduanya mengaku menciptakan robot wayang ini untuk menularkan kecintaan akan budaya Indonesia kepada teman-teman seusianya. Butuh waktu 2 bulan bagi keduanya untuk menciptakan robot wayang ini. Meski masih sederhana bukan tak mungkin kreasi robot wayang ini bisa terus dimodifikasi hingga menjadi pementasan wayang beserta iringan gamelan sesungguhnya. (Rmn/Mut)

[Baca juga: Robot Enam Kaki Ini Akan Menyelamatkan Anda Dari Bencana]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini