Sukses

Ekskavator Terguling dan Tenggelam di Danau Sunter

Hingga saat ini, belum ada upaya mengevakuasi alat berat tersebut sampai akhirnya tenggelam.

Sebuah ekskavator yang sedang melakukan pengerukan lumpur di Danau Sunter, Jakarta Utara, terguling. Hingga saat ini, belum ada upaya mengevakuasi alat berat tersebut sampai akhirnya tenggelam.

"Pekerjaan di sana dilaksanakan oleh kontraktor hingga 15 Desember nanti. Untuk itu kami sudah meminta kontraktor segera menggantikan alat yang terguling agar tidak mengganggu pekerjaan," kata Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Joko Susetyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Sementara itu, pihak kontraktor mengaku ada kesalahan teknis, sehingga 1 dari 16 unit ekskavator itu terguling. Kejadian ini diperkirakan tidak akan mengganggu proses pengerukan lumpur di Danau Sunter. Juga tidak ada korban dalam kejadian itu, sebab saat ekskavator terguling para pekerja sedang beristirahat.

"Kejadiannya sekitar pukul 19.15 WIB malam tadi. Tapi pekerjaan kita pastikan tidak terganggu, 15 unit ekskavator lain masih terus bekerja. Baru ini kejadian terguling, sebelumnya lancar-lancar saja," jelas Kordinator Lapangan Normalisasi Danau Sunter Utara Poltak Sihombing.

Evakuasi alat berat itu baru akan dilakukan Senin malam nanti. Malam dipilih sebagai proses evakuasi untuk menghindari parahnya kemacetan di Jalan Danau Sunter Selatan. Karena rencananya, evakuasi nanti akan menggunakan alat berat crane.

Pantauan Liputan6.com, hanya tinggal bagian skop dari ekskavator yang terlihat di permukaan air. Kejadian itu mengundang sejumlah pengguna jalan yang melintas berhenti atau mengurangi kecepatan untuk melihat. Arus lalu lintas di Jl Danau Sunter Selatan menjadi padat merayap. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.