Sukses

JK Dipanggil KPK, Abraham Samad: Semoga Beliau Terbuka

Meski diminta KPK sebagai saksi kasus Century, namun KPK enggan meminta Jusuf Kalla sebagai saksi ahli kasus ini.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini terus menyelidiki kasus Bank Century. Sejumlah pihak yang diduga terkait pun satu-persatu diperiksa. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla disebut-sebut salah satu pihak yang mengetahui banyak kasus ini.

Ketua KPK Abraham Samad mengakui lembaganya akan memanggil JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, hari ini. Menurut Abraham, JK diduga mengetahui banyak tentang kasus Bank Century.

"Iya tentunya saksi yang mengetahui banyak masalah Century," kata Abraham saat tiba di acara pelantikan Wakil Jaksa Agung Andi Nirwanto, di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis, (21/11/2013).

Abraham berharap, JK dapat terbuka terkait Century saat pemeriksaan perdanannya nanti. "Semoga beliau terbuka dan dapat membantu KPK," harap Abraham.

Namun Abraham menolak bila JK diperiksa sebagai saksi ahli. Menurutnya, hal ini agar tidak terjebak dalam terminologi pemikiran. "Jangan terjebak di terminologi pemikiran," ucapnya

JK akan menjalani pemeriksaan perdana hari ini sekitar pukul 14.00 WIB. Bekas Ketua Umum Partai Golkar itu menyatakan akan menghadiri pemeriksaan di lembaga pemberangus korupsi ini. (Rmn/Ism)

[Baca juga: JK dan Rampok Bank Century dan JK Pastikan Penuhi Panggilan KPK Soal Bank Century]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.