Sukses

8 Rekomendasi Gim Simulasi Terbaik, Tak Kalah Seru dari Animal Crossing

Gim simulasi sosial seringkali mencakup unsur kreativitas, di mana pemain dapat merancang dan membangun sesuatu sesuai dengan imajinasi mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Gim simulasi sosial merupakan genre yang menempatkan pemain dalam lingkungan virtual di mana mereka dapat berinteraksi dengan karakter lain, membangun hubungan, dan mengelola kehidupan atau komunitas dalam permainan.

Gim simulasi sosial juga seringkali mencakup unsur kreativitas, di mana pemain dapat merancang dan membangun sesuatu sesuai dengan imajinasi mereka.

Contohnya gim Animal Crossing: New Horizon telah mendapatkan hati para gamer dengan gameplay simulasinya yang santai dan menjadi salah satu gim santai terlaris di dunia.

Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk tetap di rumah dan menikmati gim dengan gaya hidup seperti di pulau-pulau yang santai. Itulah mengapa orang-orang sangat menyukai apa yang ditawarkan game ini.

Namun, setelah bermain selama sekitar 40 jam pertama, New Horizons akan terasa lebih baik dimainkan dalam waktu singkat.

Kebanyakan orang memainkan gim tersebut selama beberapa menit setiap hari, melihat apa yang terjadi di pulau mereka, menyelesaikan tugas harian, dan kemudian keluar lagi.

Meskipun mod dapat menambahkan variasi, terkadang Anda memerlukan sesuatu yang baru untuk benar-benar mengatasi kebosanan tersebut.

Tidak ada satu pun dari opsi gim berikut yang sama persis dengan New Horizons, tetapi semuanya menggabungkan elemen membuat kerajinan, menjelajah, dan berinteraksi dengan karakter NPC yang mirip dengan pengalaman yang disukai oleh para penggemar New Horizons.

Berikut beberapa rekomendasi gim simulasi terbaik, seperti melansir dari Digital Trends, Jumat (17/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. My Time at Sandrock

My Time at Sandrock bukan hanya gim simulator sosial kehidupan yang luar biasa, tetapi grafisnya juga sama bagusnya dengan New Horizons.

Pemain akan melakukan perjalanan ke negeri postapokaliptik yang nyaman di mana hampir semua teknologi modern telah hilang atau hancur.

Anda sebagai pembangun baru memiliki kekuatan untuk menghidupkan kembali pertanian dan kota secara keseluruhan menggunakan peralatan khusus yang dibuat oleh Anda sendiri.

Gim ini menawarkan pengalaman yang unik dengan kombinasi beberapa aktivitas seperti mengumpulkan bahan, membangun dan meningkatkan infrastruktur, membina hubungan dengan penduduk kota, dan bahkan berpartisipasi dalam pertempuran dengan para monster yang mengancam tempat tinggal Anda.

3 dari 9 halaman

2. Stardew Valley

Dalam gim ini ada lahan pertanian yang memerlukan perbaikan dari keadaan kumuhnya. Meskipun hampir seluruhnya dibuat oleh satu pengembang, gim ini menawarkan jumlah konten yang luar biasa dalam dunia virtualnya.

Fokus utama Anda adalah membersihkan pertanian dan menanam tanaman. Namun Anda juga bisa menjelajahi ruang bawah tanah, memancing, berpartisipasi dalam acara musiman, dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Gim ini menawarkan pengalaman santai seperti Animal Crossing, meskipun kadang Anda mungkin merasa sedikit tertekan untuk menyelesaikan tugas sebelum deadline.

4 dari 9 halaman

3. Rune Factory 5

Jika Anda menikmati gim Animal Crossing: New Horizons, tetapi berharap ada lebih banyak aksi, Rune Factory 5 akan sangat cocok bagi Anda.

Gim ini menghadirkan berbagai simulasi kehidupan yang umum seperti pertanian dan pernikahan, serta beberapa elemen memainkan peran (RPG).

Anda akan mengikuti cerita utama sebagai Peacekeeper (penjaga pedamaian) yang melibatkan pertempuran dan penjelajahan bawah tanah. Tetapi fokus utamanya tetap pada aspek pertemanan, pertanian, memancing, dan elemen lain yang biasa ditemukan dalam gim semacam ini.

5 dari 9 halaman

4. Slime Rancher 2

Gim ini mengusung sudut pandang orang pertama, namun memiliki kesamaan seni visual yang menggemaskan dengan Animal Crossing. Pemain akan berperan sebagai seorang petani muda yang melakukan perjalanan jauh ke Far Range untuk mewujudkan impian mereka.

Sekuel ini menghadirkan lingkungan baru yaitu Rainbow Island, dengan berbagai slime baru yang dapat ditangkap dan dipelihara.

Waktu bermain Anda akan dihabiskan untuk bercocok tanam, meningkatkan peralatan, menjelajahi dunia terbuka yang luas, dan mencoba mengumpulkan lebih dari 150 spesies slime hibrida yang berbeda. Anda tidak perlu bermain gim sebelumnya untuk dapat menikmati gim ini, jadi cobalah langsung!

6 dari 9 halaman

5. Story of Seasons: Pioneers of Olive Town

Salah satu franchise gim simulator kehidupan tertua adalah Story of Seasons, dan entri terbarunya ini pantas masuk dalam daftar tersebut.

Pioneers of Olive Town adalah gim yang paling luas dalam serinya, memungkinkan pemain untuk sepenuhnya menyesuaikan dan mendesain pertanian mereka hingga ke setiap bagian tanah.

Gim ini menawarkan dunia yang luas untuk dijelajahi dengan karakter-karakter yang menarik, gaya seni visual yang indah, serta sistem hubungan antar manusia yang kompleks untuk dinikmati oleh Anda.

7 dari 9 halaman

6. Terraria

Dahulu gim ini dianggap sebagai tiruan sederhana Minecraft dalam format 2D, tetapi Terraria telah membuktikan nilai lebihnya.

Gim ini memungkinkan pemain untuk mengumpulkan lebih dari 3.000 item, bertarung melawan lebih dari 300 musuh, dan menjelajahi lebih dari 20 bioma yang unik.

Meskipun dirilis pertama kali pada tahun 2015, berbagai pembaruan telah menambahkan lebih dari 1.000 item baru dan mode kreatif lainnya.

Meskipun lebih berfokus pada aksi daripada gim New Horizons, Terraria tetap memberikan pengalaman menjelajah dunia yang menakjubkan, dilengkapi dengan berbagai alat membuat rumah menjadi lebih aman dari ancaman para monster yang akan datang.

8 dari 9 halaman

7. The Sims 4

Seri ini menjadi salah satu yang paling diminati, memberikan pemain dari berbagai tingkatan keahlian kendali besar atas kehidupan Sim mereka.

Dalam gim ini, pemain dapat menyesuaikan penampilan, rumah, bahkan memberikan pekerjaan kepada Sim mereka, kemudian meningkatkannya secara bertahap melalui kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan seperti halnya kehidupan nyata.

Ada banyak lokasi unik yang dapat dijelajahi, acara yang dapat dihadiri, dan item yang dapat dikumpulkan.

Para penggemar seri Animal Crossing mungkin akan menyukai sistem mendesain pembangunan yang kuat dalam gim The Sims 4 ini. Sampai The Sims 5 akan dirilis, gim ini tetap menjadi entri terbaik dalam seri tersebut.

9 dari 9 halaman

8. Minecraft

Sebagai gim terlaris sepanjang masa, Minecraft memungkinkan pemain untuk menciptakan dunia sesuai keinginan mereka.

Apakah Anda senang menjelajahi sistem gua yang berbahaya? Memulai pertanian kecil dan merawat hewan? Atau membangun bangunan besar dan membuat terasering di tanah Anda? Tentunya gim ini memberikan kebebasan dalam gameplay-nya.

Meskipun grafisnya terlihat sederhana, Minecraft menawarkan berbagai fitur menarik yang akan disukai oleh para pemainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.