Sukses

Proyek MRT, Jokowi: Yang Ditebang Hanya Pohon-pohon Kecil

Penebangan pohon untuk proyek MRT di koridor Sisingamangarja-Sudirman akan dimulai malam ini hingga Desember 2013.

Penebangan pohon untuk pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) di koridor Sisingamangarja-Sudirman akan dimulai malam ini. Proses penebangan diperkirakan berlangsung hingga bulan depan.

"Itu hanya (pohon) kecil-kecil aja, enggak adalah 300 meter. Dan itu kan diganti yang gede, kayak di Pluit gitu kan. Belum ngerti totalnya berapa meter, berapa hektar enggak ngerti. Tapi enggak mempengaruhi RTH (ruang terbuka hijau)," kata Gubernur DKI Jokowi di Balaikota, DKI Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Pria bernama lengkap Joko Widodo mengatakan masyarakat tak perlu khawatir dengan RTH menjadi berkurang. Sebab, pohon-pohon itu akan direlokasi atau dipindahkan ke lokasi lain.

Sementara, Direktur Utama PT MRT Dono Boestami menjelaskan jumlah pohon yang akan ditebang di sepanjang Sisingamangaraja, Jalan Sudirman, hingga Setia Budi adalah 973 pohon. Saat ini, menurut dia, pohon-pohon lain sudah ditanam di lokasi RTH Taman Swadarma, Jakarta Selatan sebanyak 228 pohon.

Sedangkan, untuk kawasan Dukuh Atas jumlah pohon yang akan ditebang sebanyak 287 pohon. Kemudian pohon pengganti yang ditanam di RTH Manunggal dan RTH Kumis Kucing juga sudah ditanam sebanyak 2.568 pohon.

"Kontinyu akan terus berjalan proses penanaman. Sisa pohon pengganti akan menunggu lokasi yang sedang disiapkan oleh Dinas Pertamanan," tukas Dono. (Ali/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini