Sukses

Anwar Ibrahim Beber Perbedaan Jerat Koruptor di Malaysia dan RI

Dalam hal pemberantasan korupsi di lingkungan pejabat pemerintah, Malaysia menyanjung Indonesia.

Dalam hal pemberantasan korupsi di lingkungan pejabat pemerintah, Malaysia menyanjung Indonesia. Pernyataan itu muncul lantaran lembaga yang menangani korupsi di Indonesia dinilai kuat.

Mantan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tak sungkan mengungkapkan sanjungan kepada Indonesia. Menurutnya, pertemuannya dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman adalah sebuah pembelajaran bagi Malaysia. Terutama dalam hal segi pembinaan terhadap penangan kasus hukum dan korupsi.

"Saya tentu mengambil kesempatan itu untuk memberikan kejelasan, bahwa institusi dibentuk karena Malaysia dari segi pembinaan jauh ke belakang (tertinggal) Indonesia. Seperti pemberantasan korupsi yang tidak kuat," ujar Anwar Ibrahim di Sabang, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2013).

Menurut Anwar, pertemuan ini akan dimanfaatkan untuk pembelajaran di Malaysia. Anwar mengambil contoh penanganan kasus dugaan korupsi di Malaysia.

"Kelemahannya, bila dilakukan investigasi terhadap pemimpin seperti menteri ke atas akan lepas semua dari hukum. Jika polisi ke bawah pasti kena," lanjutnya sambil tersenyum.

Menurutnya, Malaysia harus bisa mengurus dengan efisien untuk menghentikan praktik korupsi. Contohnya, komoditi yang menjadi perhatian di Malaysia adalah beras dan gula, yang seringkali di monopoli yang dianggap sebagai lahan basah pelanggaran hukum.

"Saya meminta kepada Pemerintah untuk menghentikan kebocoran, korupsi, karena di dalam pemerintah Malaysia rusak. Hal-hal itu harus dibenarkan. Kita mau tahu siapa yang kontrol. Kalau di Malaysia beras dan gula di monopoli jadi prioritas, dan itu yang harus dihentikan," tandas Anwar. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia

  • Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.
    Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.

    Anwar Ibrahim

Video Terkini