Sukses

Akil Beli 2 Mobil Mewah Selama Menjabat Ketua MK

Yang paling anyar, Akil Mochtar memiliki 1 unit Mecedes Benz dan Toyota Crown.

Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif Akil Mochtar ternyata juga memiliki banyak mobil mewah. Yang paling anyar, Akil memiliki 1 unit Mecedes Benz dan Toyota Crown.

Hal itu terungkap saksi dalam sidang kode etik MK terkait kasus Akil. Saksi yang dihadirkan yakni salah satu ajudan Akil, AKP Sugianto.

Dalam pernyataannya, ajudan yang telah bersama Akil sejak awal 2011 itu menuturkan, sedikitnya ada 4 mobil mewah yang diketahuinya berada di rumah pribadi maupun di rumah dinas Akil.

Mobil itu, yakni Audy, Toyota Land Cuiser, Mercedes Benz, dan Toyota Crown. Mobil Audy dan Land Cuiser diketahui sudah ada sebelum dirinya menjaga Akil. Sementara 2 mobil lainnya masih baru.

"Seingat saya kedua mobil itu dibeli 3 bulan lalu. Jadi semasa Pak Akil menjabat sebagai Ketua MK. Pertama Mercedes Benz, selang beberapa bulan kemudian Toyota Crown," kata Sugianto, dalam sidang, Selasa (8/10/2013).

Polisi yang berasal dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya itu tidak tahu persis harga dan dimana Akil membeli kedua mobil mewah itu. Dia pun baru mengetahui saat mobil itu terparkir di rumah pribadinya di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

"Saya tidak tahu. Tiba-tiba sudah ada mobil baru saja," tandasnya.

Hal itu pun diamini ajudan Akil lainnya, yakni Ipda Kasno. Dia mengungkapkan, Mercedes Benz yang dibeli Akil merupakan keluaran terbaru tahun 2013. "Mer-C tahun 2013. Tapi untuk seri dan lainnya saya tidak memperhatikan."

Ajudan yang baru 5 bulan menemani Akil ini juga mengetahui atasannya itu memiliki mobil Audy. Mobil itu sudah ada sejak dirinya mendampingi Akil. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini