Sukses

Jokowi Pakai Mobil Sewaan Saat Hadiri Acara PDIP

Jokowi menggunakan mobil rental Toyota Innova abu-abu dengan plat nomor B 1216 BZC bukan mobil dinasnya.

Ada yang berbeda dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi saat menghadiri acara partai di kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (6/10/2013). Dalam acara pelantikan Boy Sadikin sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta, Jokowi menggunakan mobil rental bukan mobil dinas.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (6/10/2013), Jokowi tidak menggunakan mobil Toyota Kijang Innova warna hitam berplat B 1124 BH yang biasa dipakainya. Ia malah menggunakan mobil Toyota Innova abu-abu dengan plat nomor B 1216 BZC.

"Lha kan sewa. Mobil rental yang Innova abu-abu ini. Harus dibedain. Yang hitam kan mobil dinas. Saya ke acara partai masa pakai mobil itu," ujar Jokowi di kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung Jakarta Selatan, Minggu (6/10/2013).

Menurut mantan Walikota Solo itu, mobil rental sengaja digunakannya untuk acara partai. Dan ia mengeluarkan dana dari kantongnya sendiri. Jokowi juga membantah rental Innova itu menggunakan uang operasionalnya sebagai Gubernur DKI.

"Ya, anggaran saya dong. Dana operasional bagaimana? Kalau operasional, ya pakai Innova yang hitam saja. Bedakan lho," tukas Jokowi.(Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.