Sukses

[VIDEO] Lezatnya Nasi Kuning ala Spanyol

"Jika Indonesia menggunakan kunyit, nasi kuning Spanyol menggunakan safron yang diimpor dari Italia," kata Maura.

Menu nasi kuning ternyata tak hanya milik Indonesia. Spanyol yang dikenal sebagai Negeri Matador juga mempunyai menu nasi kuning yang disebut piaio.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (6/10/2013), keunikan nasi kuning ala Spanyol terletak pada bahan bumbu yang digunakan untuk memberikan warna kuning pada nasi. Jika di Indonesia, warna kuning nasi karena menggunakan kunyit. Sedang, nasi kuning Spanyol alias Paya menggunakan safron yang didatangkan dari Italia.

"Kalau warna kuning piaio Spanyol menggunakan safron yang diimpor dari Italia," kata pemilik restoran Spanyol, Maura, di Jakarta.

Untuk membuatnya, lanjut MAura, pertama, siapkan bahan bumbu mulai dari bawang putih, olive oil, saus tomat, safron, paprika kering, merica, thyme, bayleaf, irisan bawang bombai, paprika merah dan hijau, beras spanyol, kaldu dan daging ayam.

"Kemudian panaskan wajan dengan api sedang, masukkan olive oil, tumis ayam hingga harum," kata Maura.

Selanjutnya, masukkan bawang, paprika, safron, saus tomat, beras dan kaldu. Aduk hingga meresap. Kemudian bungkus dengan aluminium foil lalu panggang selama 17 menit dengan suhu 160 derajat.

Untuk pelengkapnya, siapkan udang, cumi, kerang hijau, ikan burumundi, kacang polong, tumis sebentar dengan mentega olive oil. Piaio pun siap disajikan.

"Paella atau piaio biasa disajikan setiap minggu. Dimasak aneka rupa sehingga keluarga bisa menikmatinya bersama," kata Neadj, chef asal Spanyol. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.