Sukses

SBY Usulkan Komjen Sutarman Kapolri?

Bambang mengatakan surat pengajuan nama calon Kapolri dari Presiden SBY kini berada di pimpinan DPR.

Bursa calon Kapolri semakin memanas. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebut-sebut sudah menyodorkan nama Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman kepada pimpinan DPR,

"Ya. Benar. Informasi yang saya terima begitu," kata anggota Komisi III DPR bidang hukum, Bambang Soesatyo melalui pesan singkat, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Meski demikian, Bambang belum bisa memastikan kabar itu lantaran surat pengajuan nama calon Kapolri dari Presiden SBY kini berada di pimpinan DPR. "Masih di pimpinan," singkat politisi Golkar ini.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika yang belum bisa memastikan, siapa-siapa saja nama calon Kapolri yang direkomendasikan Presiden. Surat rekomendasi itu kemungkinan sudah berada di tangan pimpinan DPR.

"Belum. Mungkin masih di pimpinan DPR," tukas Pasek yang juga politisi Partai Demokrat ini.

Saat ini sejumlah Jenderal Bintang Tiga berpeluang menggantikan Timur Pradopo. Mereka antara lain, Wakapolri Komjen Pol Oegroseno, Kalemdikpol Budi Gunawan, Kabaharkam Badrodin Haiti, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Anang Iskandar.

Ada pula Jenderal Bintang Dua yang berpeluang kuat yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Bayu Seno. (Ism/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini