Sukses

Endapan Lumpur dan Sampah Diangkut ke Alkal, Kelapa Gading

"Truk PU dan truk TNI ke Kelapa Gading sedangkan truk kebersihan ke TPA Bantar Gebang, Bekasi," kata Petugas PU, Pian.

Setelah seharian ribuan personil dan warga bekerja, sejumlah truk TNI, Dinas PU Dan Dinas Kebersihan  mengangkut sampah dan endapan lumpur dari Sungai Ciliwung. Sebagian besar truk itu membawa muatan tersebut ke Gudang Dinas PU di UPT Alkal, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (14/8/2013), puluhan truk TNI, Dinas PU DKI dan Dinas Kebersihan DKI  secara serempak
keluar dari ruas jalan Bidara Cina yang menjadi tempat pelaksanaan Karya Bhakti TNI Sektor 2. Truk TNI dan Dinas PU DKI yang membawa muatan endapan lumpur menuju UPT Alkal, Dinas PU, Kelapa Gading sedangkan truk kebersihan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Truk PU dan truk TNI ke Kelapa Gading sedangkan truk kebersihan ke TPA Bantar Gebang, Bekasi," kata Petugas PU, Pian di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2013).

Sektor 2 

Kepala Staf Pangdam Jaya Brigjen Agung Risdianto mengatakan sasaran kegiatan Ciliwung Bersih yang merupakan Karya Bhakti itu mulai dari Cijantung sampai Pademangan. Kegiatan yang merupakan amanat KASAD Moeldoko ini melibatkan unsur dari Kodam Jaya, Kopassus, dan Kostrad.

Dari 5 sektor kegiatan, Agung menjelaskan, sektor 2 memiliki sasaran pemotongan ranting pohon, pembersihan tumpukan sampah, pendalaman bantaran kali, hingga penanaman 3 ribu pohon. Penanaman itu dilakukan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan KASAD Moeldoko. Besarnya lingkup kegiatan ini maka per sektor dipimpin Komandan Korem hingga Asisten Teritorial (Aster).

"Setiap sektor dipimpin Komandan Korem dengan pangkat minimal Kolonel TNI," imbuh Agung.

Sementara itu, Komandan Korem Jakarta Timur Kolonel TNI Nugroho Budi mengatakan kegiatan Karya Bhakti TNI itu berlangsung pada, Rabu (14/8/2013) ini. Sebelumnya pihaknya juga mengadakan kegiatan pra sebagai persiapan hari ini. Selanjutnya, pihaknya akan bertemu dengan Jokowi untuk membahas kegiatan tersebut.

"hari ini saja tapi kemarin kita juga melakukan pra (Karya Bhakti TNI). Nanti kita bertemu Gubernur, Kadis PU yang kita harapkan ada paskakegiatan juga untuk jadi rujukan (pemprov DKI)," imbuh Nugroho.

Ia menambahkan sebelumnya TNI AD juga melakukan kegiatan bersih Ciliwung juga, Juni 2013 lalu. Namun, kegiatan itu diselenggarakan oleh Kodam Jaya. Sedangkan, saat ini Mabes TNI AD yang mengadakannya.

"Juni lalu Kodam Jaya yang menyelenggarakan. Kalau sekarang Mabes TNI AD. Karena itu melibatkan Kopassus dan Kostrad juga," tukas Nugroho. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.