Sukses

Hari Raya Waisak, Puan Maharani Ajak Masyarakat Tebar Kebajikan dan Pererat Kerukunan

Puan menilai perbedaan yang ada di Indonesia harus dilihat dari paradigma yang positif sebab keragaman dapat menjadi modal pembangunan bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat untuk memperkokoh perdamaian dan harmoni antar bangsa dalam perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak tahun 2568 BE/2024.    

"Di hari yang suci bagi umat Buddha ini, kita dapat menguatkan semangat untuk terus menebar kebajikan, memperkuat perdamaian, dan mempererat kerukunan antarsesama," kata Puan dalam keterangannya, Kamis (23/5/2024).

Menurut dia, tema "Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia" yang diusung pada Hari Raya Waisak 2024 untuk meningkatkan kesadaran bahwa Indonesia berdiri di atas perbedaan dan keragaman.

Ia menilai perbedaan yang ada di Indonesia harus dilihat dari paradigma yang positif sebab keragaman dapat menjadi modal pembangunan bangsa.

"Di bawah bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia terus mengukuhkan jati dirinya. Itulah yang membuat Indonesia memiliki keistimewaan. Bahwa meski berbeda-beda, Indonesia tetap satu. Berbeda itu indah saat masyarakat bisa hidup dengan harmoni," tuturnya. dilansir dari Antara.

Selain itu, Puan memandang perayaan Waisak dapat dijadikan momentum untuk menebar kasih kepada seluruh makhluk hidup.

"Banyak sekali kebajikan dari Buddha Gautama yang dapat menjadi inspirasi, termasuk bagaimana untuk mencapai kebahagiaan, semua makhluk di dunia harus terbebas dari keserakahan dan kebencian," ujarnya.

Dia pun meminta Pemerintah dan pihak keamanan memastikan kelancaran peribadatan umat Buddha menyambut detik-detik Waisak yang akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

"Pastikan umat Buddha dapat melangsungkan perayaan Waisak dengan baik. Apalagi di Candi Borobudur sebagian umat Buddha yang hadir berasal dari negara lain. Kita harapkan setiap prosesi ibadat dapat berjalan lancar," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapkan Selamat Waisak

Tak lupa, dia turut mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha di Indonesia, dan berharap perayaan berlangsung khidmat.

"Atas nama DPR RI dan pribadi, saya ucapkan selamat merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE kepada seluruh umat Buddha di Indonesia," ujarnya.

Dia berharap perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 mampu menyinari bangsa dan negara Indonesia dengan semangat toleransi."Dan saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menghormati peribadatan yang dilakukan umat Buddha," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.