Sukses

Jelang Idul Adha, Kesehatan 78 Ribu Hewan Kurban Masuk Jakarta Telah Diperiksa

Hewan kurban untuk Idul Adha di Jakarta berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Rinciannya, berasal dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DIY, Bali, NTT, dan NTB.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta rampung memeriksa kesehatan total 78.674 ekor hewan kurban yang masuk ke Jakarta. Hewan kurban telah dipastikan sehat dan layak jelang Idul Adha 1445 H.

"Sampai dengan hari ini (16/6/2024) sebanyak 78.674 ekor hewan telah diperiksa," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati kepada Liputan6.com, Minggu (16/6/2024).

Adapun 78.674 hewan kurban tersebut terdiri dari 25.933 ekor sapi, 156 ekor kerbau, 46.349 ekor kambing, dan 6.236 ekor domba.

Eli menyampaikan, pihaknya melakukan pemeriksaan di 1.234 lokasi Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) yang berada di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta.

Hewan kurban tersebut berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Rinciannya, berasal dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DIY, Bali, NTT, dan NTB.

"Apabila ada hewan yang sakit, petugas akan memberikan layanan pengobatan secara gratis," ujar Eli.

Menurut Eli, pihaknya juga melakukan pemeriksaan dokumen lalu lintas, serta pengawasan terkait kelayakan TPnHK hewan kurban yang masuk Jakarta.

Pemeriksaan itu, lanjut Eli mencakup sarana pemeliharaan seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pj Gubernur Jakarta Dijadwalkan Akan Melaksanakan Sholat Idul Adha di Sini

Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono akan melangsungkan Sholat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta.

"Pukul 06.30 WIB, Pj Gubernur mengikuti Sholat Idul Adha 1445 H/2024 di Masjid Fatahillah, Balai Kota Provinsi DKI Jakarta," demikian informasi diterima, dikutip Minggu (16/6/2024).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi atau Pemprov Jakarta berencana menyalurkan 621 ekor sapi kurban kepada warga Jakarta dalam rangka Idul Adha 1445 Hijriah. Pendistribusiannya akan dilakukan melalui masjid-masjid maupun organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Kami akan berikan sapi ke berbagai tempat di sekitar Jakarta sesuai permintaan warga maupun ormas," kata Penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono usai meninjau Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Jumat 14 Juni 2024.

Heru bersama Sekda Jakarta Joko Agus Setyono menyerahkan sapi kurban jenis limosin untuk dipotong di RPH Dharma Jaya. Menurut dia, sapi-sapi yang akan didistribusikan kepada masyarakat itu memiliki berat bervariasi, mulai dari 600 kilogram hingga 1 ton.

"Harganya juga bervariasi. Kemarin, saya lihat ada yang Rp30 juta, ada yang Rp42 juta. Tergantung beratnya," tuturnya. dilansir dari Antara.

Heru yang sempat melakukan pengecekan sapi menyebutkan sapi-sapi yang ada di Dharma Jaya sehat-sehat. Menurut Heru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) akan terus melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat penampungan hewan kurban.

"Untuk mencegah penyakit, hewan-hewan kurban dikasih obat dan vitamin," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Masjid Al Azhar Gelar Sholat Idul Adha Minggu

Sementara itu, jamaah sholat Idul Adha di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024), melimpah hingga ke bagian luar masjid. Sholat Idul Adha mulai sekitar pukul 07.10 WIB dan selesai sekitar pukul 07.25 WIB.

Kepala Kantor Masjid Al-Azhar Tatang Komara menjelaskan, Masjid Al-Azhar dan lingkungannya bisa menampung 12.000 hingga 13.000 orang.

"Masjid dan aula serta lingkungannya bisa menampung 12.000 sampai 13.000 orang, insyaallah. Kami siapkan baik sarana sampai ke pengeras suara insyaallah akan terdengar," kata Tatang ditemui sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha dikutip dari Antara.

Tatang mengatakan, bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024 ialah karena Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar merujuk pada pelaksanaan wukuf di Arafah.

"Kepanjangan dari kebijakan pengurus YPI Al-Azhar untuk Idul Adha 1445 Hijriah, kami bersepakat atas informasi dari Arab Saudi berkaitan dengan wukuf di Arafah itu jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, tentunya keesokan harinya 'kan Idul Adha. Maka, kami menetapkan untuk sholat Idul Adha kali ini adalah pada tanggal 16 Juni 2024, hari Ahad," kata Tatang.

4 dari 4 halaman

Potong Hewan Kurban Senin 17 Juni

Selain itu, kata Tatang, pelaksanaan soalat Idul Adha pada hari ini juga berdasarkan kesepakatan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Tentu juga berdasarkan atas kesepakatan OKI yang sudah lama bersepakat untuk mengikuti wukuf di Arafah," katanya.

Sementara itu, penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Senin (17/6) di lapangan belakang Masjid Al-Azhar. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat maupun karyawan YPI Al-Azhar.

"Masjid, alhamdulillah sudah menampung sapi 13 ekor dan kambing 25 ekor," ucap Tatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini