Sukses

Tak Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Ketapang Saat Libur Panjang Waisak

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Syamsudin mengatakan, tidak adanya lonjakan pengguna jasa yang hendak menyeberang ke Pulau Bali pada libur panjang kali ini.

Liputan6.com, Banyuwangi Pengguna jasa di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi saat libur panjang Hari Raya Waisak, terpantau relatif lancar.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Syamsudin mengatakan, tidak adanya lonjakan  pengguna jasa yang hendak menyeberang ke Pulau Bali pada libur panjang kali ini.

Ia mengatakan, kondisi Pelabuhan Ketapang masih dalam kondisi yang relatif normal. Biasaya pada libur panjang seperti ini jumlah kendaraan dan orang yang akan menyeberang ke Bali akan meningkat. Terlebih, libur kali ini terjadi selama empat hari.

“Hingga kini kami tetap stand by dan terus memonitor kondisi Pelabuhan Ketapang Banyuwangi,” ujarnya, Sabtu (25/5/2024).

Apabila dilihat dari rata-rata harian, jumlah pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Syamsudin menambahkan, biasanya berkisar antara 9 ribu sampai 10 ribu penumpang.

Normalnya penggunaan jasa penyeberangan Pelabuhan Ketapang, yang bahkan dalam beberapa hari ini menurun sekitar 10 persen. Adapun hal itu bisa jadi akibat dari adanya perhelatan forum Internasional yakni Word Water Forum (WWF)  ke -10 dengan ketatnya keamanan menuju Bali.

“Intensitas volume pengguna jasa di Pelabuhan Ketapang secara keseluruhan data sempat menurun dalam beberapa hari di bawah normal, sebelum libur panjang tiba,” terang Syamsudin.

Pantauan di lapangan, Pelabuhan ASDP Ketapang terlihat normal bahkan lengang. Mayoritas kendaraan yang terpantau adalah kendaraan logistik seperti mobil pick up, truk hingga trailer dan juga mobil pribadi dan bus.

“Segera berakhirnya WWF 2024 semoga Pelabuhan Ketapang Banyuwangi bida normal kembali," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.