Sukses

Hari Raya Idul Adha, Gibran hingga Presiden Jokowi Pilih Kurban Sapi Limosin

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan sang ayah memilih untuk menyerahkan hewan kurban sapi limosin pada Hari Raya Idul Adha besok, Senin 17 Juni 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat besok, Senin 17 Juni 2024, umat Muslim di Indonesia akan memeringati Hari Raya Idul Adha. Peringatan ini juga dikenal dengan Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban.

Ada cukup banyak orang yang memilih berkurban saat Hari Raya Idul Adha. Misalnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Gibran memilih berkurban hewan sapi limosin dan diserahkan ke Masjid Al-Azhar, Jakarta.

"Oh iya tadi pagi Alhamdulillah dikirim dari Mas Gibran Wali Kota Solo, atau beliau wakil presiden RI kita mendatang, beliau (Gibran) menitipkan satu ekor sapi," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu 15 Juni 2024.

Tatang mengatakan, sapi jenis limosin dengan bobot 500 kilogram diantarkan langsung oleh staf dari Gibran Rakabuming Raka. Serah-terima dilakukan pada Sabtu 15 Juni 2024.

Tak hanya Gibran, sang ayah, Presiden Jokowi juga memilih sapi limosin sebagai hewan kurbannya. Jokowi kembali akan mengurbankan seekor sapi di wilayah Sulawesi Selatan.

Sapi limosin itu bakal dikurbankan di wilayah Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone pada perayaan Iduladha 1445 hijriah, Senin 17 Juni 2024.

"Sapi kurban dari Pak Jokowi akan dipotong di daerah Bone. Rencananya di sekitar Kecamatan Tanete Riattang," Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Nurlina Saking kepada wartawan, Senin 10 Juni 2024.

Berikut hewan kurban sapi limosin yang dipilih Gibran hingga Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Gibran Sumbang 1 Sapi Limosin ke Masjid Al-Azhar

Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyumbangkan satu ekor sapi limosin ke panitia hewan qurban di Masjid Al-Azhar, Jakarta.

"Oh iya tadi pagi Alhamdulillah dikirim dari Mas Gibran Wali Kota Solo, atau beliau wakil presiden RI kita mendatang, beliau menitipkan satu ekor sapi," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu 15 Juni 2024.

Tatang mengatakan, sapi jenis limosin dengan bobot 500 kilogram diantarkan langsung oleh staf dari Gibran Rakabuming Raka. Serah-terima dilakukan pada Sabtu 15 Juni 2024.

"Staf stafnya saja tadi menyampaikan ini atas nama Pak Gibran. Pukul 7 di antar, sampai sini jam 8," ujar dia.

Tatang mengatakan, hingga Sabtu siang tercatat sudah 13 ekor sapi dan 17 ekor yang siap disembelih pada Hari Raya Idul Adha. Adapun, penyembelihan akan dilaksanakan pada Senin, 17 Juni 2024.

"Kami sampai hari ini memang belum maksimal, mungkin hari ini sore, malam atau besok pagi kita sekarang baru terkumpul 13 ekor sapi dan kambingnya ada 17. Insyaallah pemotongan hewan kurban kita laksanakan pada hari Senin tanggal 17 juni 2024 pukul 08.00," tandas Tatang.

 

3 dari 3 halaman

2. Jokowi Bakal Berkurban Sapi Limosin di Kabupaten Bone Sulsel dan Solo Jateng

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali akan mengurbankan seekor sapi di wilayah Sulawesi Selatan. Sapi jenis limosin itu bakal dikurbankan di wilayah Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone pada perayaan Iduladha 1445 hijriah, Senin 17 Juni 2024.

"Sapi kurban dari Pak Jokowi akan dipotong di daerah Bone. Rencananya di sekitar Kecamatan Tanete Riattang," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Nurlina Saking kepada wartawan, Senin (10/6/2024).

Saat ini, lanjut Nurlina, pihak Sekretariat Negara (Setneg) tengah mengecek sapi yang bakal dikurbankan oleh Jokowi pada Idul Adha kali ini. Pengecekan itu berupa pemeriksaan kesehatan dan penentuan harga.

"Hari ini prosesnya oleh Setneg dicek untuk kelayakan. Sudah diperiksa Alhamdulillah sehat. Kalau dari segi anggaran Setneg dalam proses finalisasi menetapkan sapi itu sudah siap jadi ternak kurban," ucap dia.

Nurlina mengaku belum mengetahui persis harga sapi yang akan dikurbankan oleh orang nomor satu di Tanah Air itu. Namun ia memastikan bahwa sapi jenis limosin itu memiliki bobot lebih dari 1 ton.

"Jenisnya limosin, beratnya 1 ton lebih. Kita belum bisa tetapkan berapa (harganya), mungkin di atas Rp80 juta," jelasnya.

Untuk diketahui, pada Iduladha tahun lalu, Presiden Jokowi juga berkurban di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kala itu Jokowi mengurbankan sapi limosin seberat 1,06 ton yang dibeli dengan harga Rp95 juta.

Selain itu, Presiden Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah (Jateng) jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024. Presiden Jokowi tiba di Solo pada Jumat 14 Juni 2024, melansir Antara.

Usai sholat Ied, Presiden Jokowi akan menyerahkan hewan kurban berupa sapi limosin jantan dengan bobot 1,23 ton kepada panitia di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.