Sukses

Kurban Idul Adha, Gibran Sumbang 1 Sapi Limosin ke Masjid Al-Azhar

Sapi jenis limosin dengan bobot 500 kilogram diantarkan langsung oleh staf dari Gibran Rakabuming Raka ke Masjid Al Azhar. Serah-terima dilakukan pada hari ini, Sabtu (15/6/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyumbangkan satu ekor sapi limosin ke panitia hewan qurban di Masjid Al-Azhar, Jakarta.

"Oh iya tadi pagi Alhamdulillah dikirim dari Mas Gibran Wali Kota Solo, atau beliau wakil presiden RI kita mendatang, beliau menitipkan satu ekor sapi," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Tatang mengatakan, sapi jenis limosin dengan bobot 500 kilogram diantarkan langsung oleh staf dari Gibran Rakabuming Raka. Serah-terima dilakukan pada hari ini, Sabtu (15/6/2024).

"Staf stafnya saja tadi menyampaikan ini atas nama Pak Gibran. Pukul 7 di antar, sampai sini jam 8," ujar dia.

Tatang mengatakan, hingga Sabtu siang tercatat sudah 13 ekor sapi dan 17 ekor yang siap disembelih pada Hari Raya Idul Adha. Adapun, penyembelihan akan dilaksankan pada Senin, 17 Juni 2024.

"Kami sampai hari ini memang belum maksimal, mungkin hari ini sore, malam atau besok pagi kita sekarang baru terkumpul 13 ekor sapi dan kambingnya ada 17. Insyaallah pemotongan hewan kurban kita laksanakan pada hari Senin tanggal 17 juni 2024 pukul 08.00," tandas Tatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sholat Idul Adha di Al Azhar Minggu 16 Juni 2024

Masjid Agung Al Azhar akan menyelanggarkan sholat Idul Adha berjamaah pada hari Minggu, 16 Juni 2024. Hal ini merujuk kepada Keputusan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar Nomor 086 tahun 2024. Dijelaskan, salat Idul adha tahun ini merujuk kepada wukuf di arafah.

"Sekarang sedang wukuf di Arafah maka kami mengikuti pelaksanaan wukuf di Arafah merujuk kepada tadi wukuf di Arafah hari ini dan untuk 9 Dzulhijjah 1445 H jatuh hari Sabtu, 15 Juni 2024 (Puasa sunnah 'Arafah)," ujar dia.

Tatang mengatakan, salat Idul Adha dilaksankan pada Senin 16 juni 2024 pukul 07:00. Adapun, Khotib : Dr. H. M. Anwar R. Prawira, M.A. dan Imam : H. Mukhtar Ibnu, M.Pd,"

"Khatib dari intern kami dan imamnya imam masjid kita Ustaz Ibnu," ujar dia.

Tatang lebih lanjut menerangkan, informasi ini telah disebarkan ke media sosial yang dikelolah oleh Masjid Al-Azhar. Selain itu juga famflet, flayer. Tatang memprediksi, sholat Idul Adha akan diikuti 12 ribu jemaah.

"Dan Alhamdulillah respon masyarakat. Kami akan prediksi mungkin ini lumayan besar dari segi animo," ujar dia.

"Kami sekarang sudah mempersiapkan secara fisik, lapangan sudah kita garis area area halaman masjid sudah kita bersihkan kita tentukan untuk menampung jamaah kemungkinan besar jamaah akan banyak kami prediksi di tahun kita diangka 11 ribu sampai 12 ribu jamaah," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.