Sukses

Jelang UN, Pelajar SMA Ziarah ke Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, mulai dipadati pelajar tingkat SMA untuk berziarah. Kedatangan mereka ke makam wali tersebut untuk memantapkan hati sebelum menempuh ujian nasional (UN).

Juru bicara Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus Deny Nur Hakim mengungkapkan, pelajar yang berziarah ke Makam Sunan Kudus memang mulai terlihat sejak beberapa hari terakhir.

"Biasanya, mereka berziarah secara rombongan bersama teman satu sekolah," ujar Deny di Kudus, Jumat (12/4/2013).

Bahkan, lanjut Deny, beberapa rombongan pelajar juga didampingi guru mereka. Ia memperkirakan, pekan ini jumlahnya akan bertambah karena mendekati pelaksanaan UN yang dimulai 15-18 April 2013.

Vania, salah seorang siswa SMK Duta Karya yang ditemui usai berziarah mengakui, kunjungannya ini merupakan keinginan siswa, sehingga semua siswa yang akan mengikuti UN sepakat melakukan ziarah ke makam wali tersebut.
     
"Jumlah siswa yang ikut berziarah sebanyak 115 siswa," kata Vania.

Sejumlah guru, lanjut Vania, turut mendampingi para siswa berziarah ke Makam Sunan Kudus. Ia berharap, dengan ziarah ke makam wali ini, bisa menambah rasa kepercayaan diri sehingga selama pelaksanaa UN diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjawab soal ujian.

"Selama ini, kami sudah belajar tekun, karena sejak lama dipersiapkan dengan tambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan lewat UN. Mudah-mudahan, semua siswa SMK Duta Karya Kudus bisa lulus 100 persen," tukas Vania.(Ant/Ali)
    Loading