Sukses

AMANAH Dorong Anak Muda Kembangkan Teknologi dan Kreatifitas

Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menggelar talkshow bertajuk 'Teknologi Jadi Cuan, Kenapa Tidak?' di Hocco Coffee, Banda Aceh, Sabtu (18/5).

Liputan6.com, Jakarta - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menggelar talkshow bertajuk 'Teknologi Jadi Cuan, Kenapa Tidak?' di Hocco Coffee, Banda Aceh, Sabtu (18/5). AMANAH meyakini acara digelar menjadi ajang diskusi dan memfasilitasi anak muda Aceh untuk mengembangkan teknologi dan kreativitas mereka.

Aktor Dennis Adhiswara, salah satu pembicara talk show, menyampaikan keyakinannya bahwa dukungan terhadap start-up lokal kreasi anak muda adalah langkah strategis dalam memajukan ekosistem teknologi di Aceh. Menurut dia, dengan memberi perhatian dan sumber daya yang memadai, ia yakin akan ada lebih banyak lagi inovasi berkelas dunia dapat muncul dari daerah Aceh.

"Terus berinovasi, berkolaborasi, membangun jaringan. Jangan fokus pada persaingannya saja, karena dalam menyelesaikan sebuah problem tetap harus bersama-sama dan bergandeng tangan," kata Dennis seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (19/5/2025).

Sementara itu, peneliti kendaraan listrik dan dosen prodi teknik mesin Universitas Syiah Kuala, Muhammad Tadjuddin berharap acara seperti ini bisa mengajak anak muda Aceh untuk lebih giat di bidang teknopreneur.

“Sebenarnya pada dasarnya orang Aceh itu memang berbisnis, jadi bidang teknologi mungkin merupakan salah satu bisnis yang baru di Aceh ini dan sangat penting untuk di kembangkan," ujar Tadjuddin.

Menanggapi acara, salah satu anak muda Aceh, Desintha Zahara Azmi (23) mengaku sangat senang bisa menjadi peserta acara. Dia mengaku mendapat pengetahuan lebih banyak mengenai teknologi karena mengikuti talkshow yang diadakan oleh AMANAH. Sebab, jarang sekali ada seminar yang mengangkat tema bidang teknologi di Aceh.

“Insha Allah saya yakin dengan adanya AMANAH ini membuat Aceh lebih berkembang” yakin Desi.

Pada acara ini, turut hadir narasumber lain seperti Mulkan Fadhil dan Fakrullah Maulana. Lalu turut hadir influencer Thariq Halilintar, Aaliyah Massaid yang merupakan representasi anak muda yang berbaur bersama ratusan anak muda Aceh.

Acara digelar tidak hanya untuk peserta offline, namun Talkshow juga dapat diikuti oleh teman-teman yng hadir secara online melalui link aplikasi zoom yang telah disediakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AMANAH Jadi Youth Creative Hub di Aceh

Sebagai informasi, Pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) dilakukan memfasilitasi pengembangan segala potensi yang ada di Aceh, baik sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA). Hal itu dikelola untuk kemajuan Indonesia, khususnya rakyat Aceh.

Gedung AMANAH ini pertama kali ada di Aceh. Dibangun diatas tanah seluas 5 hektar, dengan bangunan seluas 1,9 hektar.

AMANAH bukan hanya sekadar bangunan fisik, melainkan menjadi wadah bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Dengan berbagai fasilitas dan program, AMANAH diharapkan dapat menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi dan kesehatan.

Diketahui, AMANAH memiliki sembilan, fungsi yaitu pusat kreatifitas berbasis Aceh, pelatihan dan workhshop, inkubator UMKM, ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni, hingga kemitraan dan jaringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.