Sukses

Pemkot Gelontorkan Anggaran Rp200 Juta untuk Lebaran Depok

Pemerintah Kota Depok berkeinginan menjadikan Lebaran Depok sebagai kegiatan permanen yang ditetapkan setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Depok memberikan dukungan kepada KOOD menyelenggaran Lebaran Depok 2024. Pemerintah Kota Depok menggelontorkan anggaran sebesar Rp200 juta dan ingin mendorong Lebaran Depok masuk dalam kalender of event tahunan Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Lebaran Depok merupakan kegiatan yang sudah tertuang pada Peraturan Wali Kota Depok tentang penyelenggaraan event budaya. Lebaran Depok akan di dorong untuk masuk dalam Perda Kota Depok untuk menjadi bagian dari Kalender of Event Kota Depok.

"Lebaran Depok secara definitifnya masih Perwal tapi kalau secara umum masuk dalam Perda," ujar Idris, Minggu (19/5/2024).

Pemerintah Kota Depok berkeinginan menjadikan Lebaran Depok sebagai kegiatan permanen yang ditetapkan setiap tahunnya. Apabila Lebaran Depok menjadi suatu ketetapan, Pemerintah Kota Depok akan membuatkan Perda dengan mengikuti aturan dan mekanisme.

"Kami ingin seperti di Banyuwangi misalnya itu kalender of event, dimasukkan ke dalam Perda, disebutkan bulan ini apa, bulan depan apa terus setiap tahun, jadi anggarannya pun jelas," jelas Idris.

Idris tidak mengetahui secara pasti anggaran yang diberikan Pemerintah Kota Depok mendukung kegiatan Lebaran Depok. Pemberian anggaran Lebaran Depok berada pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Pariwisata (Disporyata) Kota Depok.

"Anggaran tahun ini ada, saya nggak ingat, ada di Disporyata," ucap Idris.

Pada tahun ini, Lebaran Depok mengambil tema dalam sisi pakaian menggunakan pakaian era 1970, namun untuk kuliner tetap menampilkan makanan khas Betawi dan kegiatan rantangan hingga budaya Betawi. Idris mengakui, warga yang datang pada Lebaran Depok bukan hanya dari warga Depok, terdapat warga asal Bogor dan Jakarta.

"Mereka datang ingin melihat Lebaran Depok itu seperti apa," terang Idris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Sesuai DIPA

Sementara, Kepala Disporyata Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, Pemerintah Kota Depok memberikan anggaran pada Lebaran Depok sudah sesuai DPA Disporyata 2024. Anggaran diberikan kepada KOOD sebagai penyelenggaran Lebaran Depok yang sudah dilaksanakan selama enam tahun.

"Anggarannya diatas 200 juta kalau dari Pemerintah Kota Depok untuk Lebaran Depok," ujar Eko.

Kegiatan Lebaran Depok tidak hanya dari Disporyata dalam pemberian anggaran Pemerintah Kota Depok, dinas terkait lainnya turut membantu dalam penyediaan UMKM dan kegiatan lainnya. Lebaran Depok merupakan bentuk sinergi dari Pemerintah Kota Depok, KOOD, dan pihak lainnya.

"Kalau UMKM itu dari Dinas UMKM Kota Depok, jadi pada Lebaran Depok secara keseluruhan semuanya bersinergi," pungkas Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini