Sukses

AHY: Keputusan MK Terkait Pilpres 2024 Final, yang Kecewa Harus Legowo

AHY menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih dan kepada Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bersifat final dan harus dihormati semua pihak.

“Keputusan MK yang bersifat final dan mengikat tersebut menjadi dasar dan pijakan bagi KPU dalam menetapkan pemenangan Pilpres 2024,” kata AHY di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

“Keputusan MK tersebut telah memberikan kepastian hukum yang sangat kuat bagi pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan wakil Presiden terpilih periode 2024-2029,” sambungnya.

AHY kembali menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih dan kepada Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

“Partai Demokrat sebagai bagian dari koalisi Indonesia Maju,  pasukan pemenang Pilpres 2024 menyatakan siap untuk ikut menyukseskan kebijakan dan program-program pemerintah di bawah kepemimpinan bapak Prabowo Subianto lima tahun ke depan,” kata dia.

Selain itu, AHY juga menyatakan siap mengawal dan menuntaskan kerja-kerja pemerintahan Presiden Jokowi hingga akhir masa baktinya.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk ikut serta menyukseskan masa transisi pemerintahan, ini adalah sebuah masa yang sangat penting dan menentukan transisi kepemimpinan nasional dari presiden Jokowi kepada bapak Prabowo Subianto,” kata dia.

AHY mengingatkan, kompetisi Pilpres telah berakhir, kini saatnya melakukan rekonsiliasi dan bergandengan tangan.

“Jika masih ada pihak yang belum puas dan legowo dengan keputusan MK tersebut kami mengimbau untuk tidak mengorbankan kepentingan rakyat yang lebih besar,” kata dia.

“Karenanya, kekecewaan segelintir pihak terhadap hasil Pemilu jangan sampai mengecewakan harapan mayoritas rakyat Indonesia. Ingat, rakyat lah yang harus diutamakan,” ucap Ketum Partai Demokrat ini menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Berterima Kasih ke Tim Hukumnya

Sebelumnya, Ketum Partai Gerindra sekaligus Capres nomor urut 1 Prabowo Subianto menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Pembela Prabowo-Gibran, sebagai kuasa hukum yang mengawal proses sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Prabowo, kerja keras mereka berhasil meyakinkan hakim konstitusi terkait hasil Pilpres 2024.

“Saya ucapkan terima kasih, intinya terima kasih atas jerih payah, atas pekerjaan keras meraka, Alhamdulillah kita sudah berhasil di MK,” kata Prabowo di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

Sebagai informasi, apresiasi Prabowo kepada tim hukum dilakukanya dengan mengumpulkan total 51 orang pengacara ke rumahnya malam hari ini.

Bersama wakilnya, Gibran Rakabuming Raka, keduanya bersilaturahmi sebelum disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4/2024) besok.

“Tadi saya kumpulkan tim hukum, tim hukum Prabowo-Gibran yang berjuang di MK kurang lebih 51 orang dengan staf stafnya,” ucap Prabowo.

 

3 dari 3 halaman

Prabowo Akan Wujudkan Harapan Rakyat

Prabowo meyakini, saat ini hal yang diinginkan rakyat adalah persatuan untuk membangun bangsa yang lebih baik dan juga maju. Dia pun memastikan, harapan rakyat tersebut akan diwujudkannya dengan baik dengan kerja nyata.

“Sekarang rakyat berharap menuntut agar semua untuk bersatu bekerja untuk kepentingan bangsa, jadi saya kira demikian,” yakin Prabowo. 

Sebelum menutup jumpa persnya, Prabowo juga memastikan akan hadir besok ke Kantor KPU RI untuk menjalankan seremoni pengesahan presiden dan wakil presiden terpilih bersama Gibran Rakabuming Raka.

“Ya besok kita akan ke KPU jam 10 (pagi),” kata Prabowo Subianto menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.