Sukses

Jokowi, Ma'ruf Amin dan Sejumlah Menteri Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Jokowi dan Iriana tiba di Masjid Istiqlal pukul 06.40 WIB. Sementara itu, Ma'ruf datang dengan didampingi sang istri, Ibu Wurry Estu Handayani.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). Jokowi tiba bersama Ibu Negara Iriana.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Iriana tiba di Masjid Istiqlal pukul 06.40 WIB. Sementara itu, Ma'ruf datang dengan didampingi sang istri, Ibu Wurry Estu Handayani.

Jokowi tampak mengenakan mengenakan kemeja bewarna putih dan peci hitam. Dia duduk di saf atau barisan depan bersama Ma'ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Sedangkan, Iriana memakai mukena bewarna putih. Dia bersama Ibu Wurry dan istri-istri menteri langsung menuju saf perempuan untuk menunaikan salat Idul Fitri.

Menteri kabinet yang ikut salat di Masjid Istiqlal antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dimulai pukul 07.00 WIB. Adapun Imam salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal yakni, Ahmad Husni Ismail.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Abdul A'la Basyir akan bertindak sebagai Khutbah Idul Fitri. Tema khutbah yaitu, “Memperkuat Kebersamaan dalamMenjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti Para Duta Besar

Selain dihadiri pejabat negara, salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal juga diikuti duta besar negara sahabat dan masyarakat umum. Masyarakat sudah mulai memadati Masjid Istiqlal sejak pukul 05.30 WIB.

Usai salat Idul Fitri, Jokowi akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta. Nantinya, pejabat negara dan masyarakat umum dapat hadir langsung untuk bersilaturahmi dengan Jokowi di momen Lebaran 2024.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," tutur Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa 9 April 2024.

Kendati begitu, dia menyampaikan waktu open house Jokowi akan dibatasi sebelum sore hari. Yusuf pun menyarankan masyarakat untuk datang lebih awal ke Istana Kepresidenan Jakarta.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yg hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Open House Jokowi di Istana Dimulai Pukul 09.00 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta, pada hari pertama Lebaran 2024. Acara open house ini akan dimulai pukul 09.00 WIB, usai Jokowi dan Ma'ruf melaksanakan salat Idul Fitri.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (9/4/2024).

Dia menyampaikan acara open house bersifat terbuka bagi pejabat negara dan masyarakat umum. Namun, Yusuf meminta masyarakat untuk datang lebih awal sebab acara open house tidak digelar sampai sore hari.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," jelasnya.

Yusuf pun mengingatkan masyarakat memakai pakaian yang rapi saat menghadiri open house Jokowi di Istana Negara. Misalnya, memakai pakaian yang sopan, tak mengenakan celana jeans, serta memakai sepatu.

"Tentu saja di hari Idul Fitri ini di hari kemenangan ini semuanya kami yakin menggunakan pakaian bebas rapih, bernuansa muslim," ujar Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini