Sukses

AQUA Lakukan Serangkaian Kegiatan Manfaatkan Momentum Ramadan 2024 di Berbagai Daerah

Memaknai bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, AQUA bersama sejumlah mitra dan organisasi turut memeriahkan dengan serangkaian kegiatan yang penuh makna kebaikan bersama ribuan umat muslim di berbagai kota Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Memaknai bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, AQUA bersama sejumlah mitra dan organisasi turut memeriahkan dengan serangkaian kegiatan yang penuh makna kebaikan bersama ribuan umat muslim di berbagai kota Indonesia.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di antaranya, menyelenggarakan kajian mengenai pentingnya pemenuhan hidrasi sehat saat berpuasa, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, mengirimkan doa, serta donasi sebagai bentuk kepedulian bagi saudara-saudara korban agresi di Palestina.

AQUA juga menjadi mitra masjid-masjid di Indonesia dalam pemenuhan hidrasi melalui produk yang berkualitas, mengirimkan bantuan terkait keperluan Ramadan, Idulfitri, dan bencana alam, serta membangun sarana air bersih dan sanitasi di sembilan pesantren serta satu kantor pengurus cabang Nahdlatul Ulama.

Kegiatan ini dilakukan sejak 16 Maret hingga 7 April 2024, berbagai inisiatif ini diperkirakan melibat lebih dari 700,000 umat muslim di Indonesia.

"AQUA berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya diwujudkan dengan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan dalam keberkahan Ramadan di tahun ini," ujar VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto, melalui keterangan tertulis, Senin (8/4/2024).

"Kami berharap berbagai kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi serta kolaborasi dengan komunitas dan umat Muslim di Indonesia dan tentunya menghadirkan kebaikan lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya di bulan suci Ramadan," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerjasama dengan Komunitas Muslim

Vera menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah komunitas muslim di Indonesia menyelenggarakan kegiatan safari Ramadan AQUA di 50 masjid dan 69 pesantren yang tersebar di enam provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara.

Ada pun kegiatan yang dilakukan oleh AQUA di antaranya menyelenggarakan berbagai kegiatan kajian Ramadan di sejumlah masjid di Indonesia seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Meutia, Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid An Nahdlah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Lebih lanjut, AQUA juga menjadi mitra pemenuhan hidrasi masjid dalam berbagai acara buka puasa dan telah menyalurkan lebih dari 1 juta botol sepanjang Ramadan," terang Vera.

"AQUA juga turut berpartisipasi dalam pasar sembako murah untuk memenuhi kebutuhan pangan yang murah dan berkualitas bekerja sama dengan MCMI dan Yayasan Alma untuk menyalurkan lebih dari 17.000 paket sembako," sambung dia.

 

3 dari 4 halaman

Mobil Pengangkut Sampah di Masjid Istiqlal

Kemudian, dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan pada lingkup keagamaan, AQUA menyerahkan mobil pengangkut sampah kepada pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta.

Hal itu diapresiasi Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal Bukhori Sail Attahiri. Dia menyampaikan apresiasinya atas upaya kolaborasi pengelolaan sampah dengan AQUA.

"Program ini sangat bermanfaat bagi kami karena kami menghasilkan jumlah sampah yang sangat besar, terutama selama bulan Ramadan. Kami berharap program ini dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia untuk melakukan hal serupa," ucap Bukhori.

Dia menjelaskan, program pengolahan akan memperlancar proses pembuangan limbah, sehingga sampah dapat terkelola dengan baik. Terlebih, kata dia, produksi sampah di Masjid Istiqlal bisa mencapai 2 truk dalam sehari. Bukhori berharap, apa yang dilakukan Masjid Istiqlal dapat dicontoh seluruh masjid yang ada di Indonesia.

"Kami berharap program ini dapat diikuti oleh masjid-masjid lain atau pihak swasta maupun pemerintah. Kita dapat semakin mempererat dan mengembangkan kerja sama yang baik ke depannya," imbuh Bukhori.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi dari Masjid Cut Meutia

Senada, Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, Ketua Umum PB MCMI, sekaligus Wakil Ketua Pengurus Yayasan Masjid Cut Meutia Wishnu Dewanto mengapresiasi berbagai kerjasama dan inisiatif yang dilakukan AQUA selama Ramadan.

"Kami mengapresiasi kerjasama yang terjalin hari ini, termasuk dukungan dari sektor swasta seperti AQUA, yang telah berkolaborasi dengan MCMI, Badan Pangan Nasional, BULOG dan masyarakat dalam acara Pasar Pangan Murah dan Ramadhan Jazz," ucap dia.

"Dengan berbagai kegiatan yang menyasar sektor yang krusial dan menyentuh masyarakat secara langsung, kita berharap dapat memberi manfaat yang maksimal bagi masyarakat Indonesia," sambung Wishnu.

Dalam kegiatan safari Ramadan ini, AQUA juga memfasilitasi masyarakat Muslim untuk membantu meringankan penderitaan saudara-saudara di Palestina dengan menjadi sponsor utama kegiatan Ramadhan Jazz Festival ke-13 yang diselenggarakan di Pelataran Masjid Cut Meutia. Hasil keuntungan dari kegiatan ini nantinya akan disalurkan sebagai bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.