Sukses

Pemprov DKI Jakarta Siapkan 2.258 Bus AKAP untuk Mudik Lebaran 2024

Syafrin memastikan, bus AKAP yang akan diberangkatkan itu sudah laik jalan. Sehingga, tidak akan menimbulkan kekhawatiran dari para penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan 2.258 bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk melayani warga yang akan melakukan mudik Lebaran 2024.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin mengatakan, ribuan bus AKAP yang disiapkan itu berasal dari 152 Perusahaan Otobus (PO).

"Total bus yang kita siapkan kan 2.258 dari 152 PO," kata Syafrin kepada wartawan, Jumat (29/3/2024).

Syafrin memastikan, bus AKAP yang akan diberangkatkan itu sudah laik jalan. Sehingga, tidak akan menimbulkan kekhawatiran dari para penumpang.

"Jadi untuk bus-bus semuanya ada persyaratannya, (yaitu) telah memenuhi inspeksi keselamatan atau ramp check dan laik jalan. Jadi, semuanya pasti kita jamin untuk keselamatannya," ujarnya.

Adapun ramp check ini dilakukan sejak 18 Maret 2024 di empat terminal utama yaitu Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, dan Tanjung Priok.

Meski begitu, baru 33,5 persen yang disebutnya laik untuk jalan. Maka dari itu, pihaknya segera bebenah agar keselamatan penumpang terjamin.

"Masih ada 66,5 persen yang menjadi pr bersama operator dilakukan perbaikan tapi secara keseluruhan perbaikan tidak mayor," sebutnya.

"Contohnya alat pemecah kacanya diambil atau hilang sehingga ini bisa dibeli untuk dipasang kembali. Jadi, atau misalnya salah satu wipernya itu tidak berfungsi, satu berfungsi, satu tidak itu yang harus dilakukan penggantian," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dishub DKI Jakarta Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Berlangsung pada 8 April 2024

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 bakal berlangsung pada 8 April mendatang. Hal itu, kata Syafrin berlangsung H-3 Lebaran.

"Puncak mudik tahun ini kami proyeksikan pada tanggal 8 April, hari Senin. Karena perkiraan lebaran kan tanggal 10 April, biasanya masyarakat akan berduyun-duyun untuk mudik itu H-3," kata Syafrin saat dikonfirmasi, dikutip Selasa (26/3/2024).

Oleh sebab itu, Dishub DKI Jakarta akan bersiaga untuk mengamankan puncak arus mudik. Persiapan akan dilakukan beberapa hari sebelum Lebaran atau tepatnya pada Jumat 5 Maret 2024 sebelum libur lebaran.

"Kami mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada tanggal 6 April, sejak Jumat malam. Kami antisipasi, baik di ruas jalan dengan menyiapkan petugas maupun di terminal," ucap Syafrin.

 

3 dari 3 halaman

Maksimalkan Sejumlah Terminal

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta juga memaksimalkan sejumlah terminal untuk mudik Lebaran 2024. Setidaknya, ada empat terminal utama yang disiapkan Dishub DKI Jakarta antara lain, Terminal Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kalideres, dan Grogol.

Selain itu, dalam program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta, total ada 2.258 unit bus dari 152 Perusahaan Otobus (PO) yang disiapkan Dishub DKI Jakarta. Lalu, juga disiapkan 150 unit bus cadangan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pemudik.

"Untuk mengantisipasi terjadi lonjakan seperti tahun lalu, kami tetap sediakan bus cadangan, kami siapkan 150 unit bus bantuan yang nantinya membackup bus reguler yang sekarang ada," ujar Syafrin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.