Sukses

Cuaca Hari Ini Jumat 29 Maret 2024: Hujan Guyur Jabodetabek Siang Nanti

Langit pagi Jakarta pada hari ini, Jumat (29/3/2024) jelang akhir pekan, sebagiannya diprediksi berawan juga cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Langit pagi Jakarta pada hari ini, Jumat (29/3/2024), jelang akhir pekan, sebagiannya diprediksi berawan juga cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini.

Dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca siang nanti diprediksi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur turun hujan dengan intensitas ringan, sisanya berawan serta cerah berawan.

Namun pada malam hari nanti, cuaca Jakarta keseluruhannya diprakirakan kembali cerah berawan tanpa terkecuali.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Jaksel, Jaktim, dan Jakbar pada siang atau sore hari," kata BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat diprediksi BMKG bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang pada siang hari dan malamnya hujan ringan.

"Waspada potensi hujan di sertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal pada siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten dan Kota Bekasi," jelas BMKG.

Senada di Kota Tangerang, Banten pada siang nanti juga diprakirakan turun hujan berintensitas ringan, namun malam hari berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan   Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prakiraan Cuaca di Pelabuhan Merak saat Mudik Lebaran 2024

Sebelumnya, BMKG Serang memprediksi cuaca selama arus mudik Lebaran 2024 akan lebih baik dibanding beberapa pekan lalu, yang menyebabkan kapal sulit sandar di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Ketika cuaca di Selat Sunda baik, diharapkan arus penyeberangan menjadi lancar dan tidak ada penumpukkan kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak.

"Misalkan el nino juga sudah mulai turun, normal, angin barat juga mudah-mudahan sudah mulai normal. Karena kebanyakan untuk daerah Banten itu angin monsun yang banyak berperan untuk ombak laut, arus lautnya juga. Kita berharap untuk arus mudik 2024 ini kemungkinan intensitas cuaca akan lebih menurun," ujar Anton, Kepala BMKG Serang, dalam diskusi di Astra Infra Toll Tangerang Merak, Selasa, 26 Maret 2024.

Ditlantas Polda Banten telah menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas, bahkan dengan kemungkinan terburuk, yakni ketika kapal tidak bisa sandar dan pelabuhan tidak bisa melayani penyeberangan.

3 dari 3 halaman

Polisi Berlakukan Delaying System

Jika cuaca buruk dan kapal tidak bisa sandar di Pelabuhan Merak, sangat mungkin antrean kendaraan mengular hingga kedalam ruas tol Tangerang-Merak. Jika itu terjadi saat arus mudik Idulfitri 2024, maka Ditlantas Polda Banten akan memberlakukan delaying system.

"Kita lakukan delaying system, penghambatan kendaraan dari arah Jakarta menuju Merak, mulai dari tol Cikupa kita kurangi volume kendaraannya. Begitu juga di rest area 43 dan 68 jalur A, kita kanalisasi kendaraan, kita masukkan semua kendaraan ke kantung parkir sampai penuh, kecuali kendaraan yang tidak akan melakukan penyeberangan," ujar Wadirlantas Polda Banten AKBP Kukuh Priyo Taruno.

Operator tol Tangerang-Merak akan menyiapkan makanan ringan bagi pengguna jalan yang terjebak kemacetan di ruas tol milik Astra itu. Kemudian, berbagai fasilitas penunjang juga sudah disiapkan di rest area, seperti penambahan toilet.

"Kita coba meningkatkan kecepatan layanan terkait snack yang mungkin bisa lebih cepat kita bertindaknya, bisa membantu pengguna jalan ketika ada hal-hal yang di pelabuhan menyebabkan antrean sampai ke jalan tol," ujar Samsul Chair, Kepala Divisi Operasional dan Pemeliharaan Astra Tol Tangerang-Merak, di lokasi yang sama, Selasa, 26 Maret 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.