Sukses

Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Jangan Melakukan Aksi Borong Bahan Pangan

Pemerintah mengingatkan masyarakat tidak perlu melakukan aksi borong bahan pangan atau panic buying menghadapi lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengingatkan masyarakat tidak perlu melakukan aksi borong bahan pangan atau panic buying menghadapi lebaran.

Sebab, stok pangan dipastikan cukup tersedia dengan harga terjangkau.

"Berapapun permintaannya siap kami penuhi, baik melalui stok di dalam negeri, kalau kurang masih ada mekanisme impor," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim saat diskusi yang digelar Divisi Humas Polri, di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Disebutkan, Kemendag dari 600 pasar tradisional di 500 kota di tanah air, harga bahan pangan relatif stabil, kecuali harga cabe dan ayam yang naik sedikit. Sedang untuk beras yang sempat terjadi kelangkaan di retail-retail modern saat ini sudah relatif stabil.

"Harga bawang putih naik cukup tinggi karena harga impornya juga naik," ungkap Isy Karim.

Sementara, Karo Perencanaan, Kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional, Budi Waryanto menambahkan, sampai April 2024 rata-rata stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 65 hari.

"Untuk komoditas yang mengandalkan ekspor, seperti kedelai, gula pasir, daging sapi juga relatif cukup," terang Budi.

Adapun kenaikan harga beras terjadi karena mundurnya masa panen dari biasanya awal Maret sekarang mundur ke April. Walaupun mulai melambat pada akhir Februari bahkan turun di awal Maret.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Pasokan dan Distribusi

Sementara itu Wakil Kasatgas Pangan Kombes Pol Samsu Arifin, mengemukakan, pihaknya terus memonitor ketersediaan dan harga bahan pokok, memastikan kelancaran distribusi, serta menjaga keseimbangan supply dan demand.

"Kami mendahulukan upaya preemtif dan preventif, tidak serta merta represif karena tugas kami adalah lebih mengamankan stok dan menjaga stabilitas harga," terang Samsu.

 

3 dari 3 halaman

Tak Merata

Hasil pantauan Satgas Pangan, lanjut Samsu, beras premium dan medium tersedia di retail modern namun tidak merata.

Menurut Wakasatgas Pangan itu, kuncinya adalah keseimbangan. Karena itu, Satgas Pangan menerjunkan tim untuk memastikan distribusi di daerah tidak terkendala.

"Jadi kami memastikan ketersediaan dan distribusih sehingga harga stabil," tegas Samsul.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.